Yuk, Kenal Lebih Dekat Dengan Multimedia

0
119

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Halo Readers  yang bijaksana ….

Saya ingin membagi sedikit ilmu yang saya ketahui untuk Readers sekalian. Karena seperti yang kita ketahui, ilmu yang bermanfaat merupakan ilmu yang dibagikan/diajarkan kepada orang lain.

Pada kesempatan kali ini yang ingin saya membahas yaitu mengenai “Multimedia”.

Apasih Multimedia itu? Apakah Multimedia itu hanya sebuah video atau lukisan yang menarik?

Mungkin beberapa dari kita berpikir bahwa Multimedia itu hanya sebuah seni yang sering kita lihat seperti lukisan yang cantik maupun video yang menarik.

Nahhhh… sebelum itu ada baiknya kita pahami dulu apa itu Multimedia itu.

Langsung saja, check this out

Pengertian menurut para Ahli :

  • (Rosch, 1996) : Multimedia adalah kominasi dari komputer dan video.
  • (McComick, 1996) : Multimedia adalah kombinasi dari 3 elemen yaitu suara, gambar dan teks.
  • (Turban dkk, 1995) : Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.
  • (Hoftsteter, 2001) : Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dan animasi dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, beinteraksi, berkreasi dan bekomunikasi.

“Multimedia” diambil dari dua kalimat yaitu “Multi” dan “Media”. Dimana “Multi” yang berarti “Banyak” dan “Media” yang berarti “Perantara/Alat/Sarana”.

Dari pengertian – pengertian di atas dapat disimpulkan Multimedia merupakan gabungan dari teks, audio, gambar, video dan animasi menjadi sebuah objek.

Bagi pengguna komputer, Multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik, animasi.

 

Unsur – unsur Multimedia

Unsur-unsur yang terdapat dalam multimedia, yaitu :

  1. Teks merupakan elemen yang cukup penting dalam pembuatan multimedia karena sangat efektif dalam menyampaikan ide kepada pengguna. Kebutuhan teks bergantung pada kegunaan aplikasi multimedia. Secara umum terdapat 4 macam teks yaitu teks cetak, teks hasil scan, teks elektronis dan hyperteks.
  2. Grafik merupakan penyajian informasi dalam bentuk gambar. Pada unsur ini lebih banyak digunakan daripada menggunakan teks karena lebih menarik pehatian dan mengurangi tingkat kebosanan seperti hal-nya teks. Secara umum ada 5 jenis grafik yaitu gambar vector, gambar bitmap, clip art, digitized picture, dan hyperpicture.
  3. Audio merupakan suara atau bunyi. Dalam multimedia audio juga diperlukan dalam penyampaian informasi. Beberapa jenis bunyi yang biasa digunakan dalam produksi multimedia yaitu Format Waveform Audio, Compact Disk Audio, MIDI Sound Track dan Mp3.
  4. Video merupakan rekaman gambar hidup atau gambar bergerak yang berurutan. Pembuatan video dalam tampilan multimedia bertujuan untuk membuat tampilan yang dihasilkan menjadi lebih menarik.
  5. Animasi merupakan pemanfaatan komputer untuk membuat kumpulan gambar yang ditampilkan secara bergantian dan berurutan terlihat bergerak dan hidup.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa Multimedia itu tidak hanya sebatas gambar dan video saja ya Readers. Bahkan teks pun termasuk Multimedia, contohnya presentasi atau membuat sebuah naskah sudah termasuk Multimedia.

Semoga Bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.