[Kenalan Kuy!] MediBang Paint – Aplikasi Melukis dan Membuat Komik Yang Ringan

5
4649

    Assalamualaikum Wr Wb. Berjumpa lagi dengan yudha penulis artikel mingguan yang terbit bulanan, sebelumnya yudha bawaain segmen [Latihan Kuy!] kan, sekarang yudha bawaain segmen yang berbeda dari sebelumnya segmen ini bernama [Kenalan Kuy!] , di segmen ini kita bakalan bahas dan mereview aplikasi atau program yang pastinya berhubungan dengan multimedia ya. Baiklah tanpa berpanjang lebar lagi kita bakalan bahas tentang aplikasi yang petama yaitu Medibang paint.

 

Intermezzo aja, medibang merupakan program melukis digital serta pembuat komik yang ringan Dan GRATIS dengan beragam fitur seperti kuas, font, latar belakang dan sumber daya lainya. Medibang juga tersedia dalam erbagai platform Windows, iOs, Mac Os x dan juga Android. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur penyimpanan Cloud loh, sehingga para penggunanya dapat memindahkan karyanya dengan mudah.

 

Nah, gambar yang pertama adalah tampilan ikon aplikasi medibang paint nya yang kebetulan yudha instal yang versi untuk android, sehingga memudahkan yudha untuk menggambar dimana dan kapan saja.

untuk gambar kedua merupakan tampilan utama ketika membuka aplikasi tersebut. my canvas untuk membuat project baru atau mulai membuat gambar baru, Previous untuk membuka projek yang sebelumnya telah disimpan atau belum selesai kita kerjakan. dan my gallery merupakan tempat dimana kita melihat hasil karya dan kreasi kita.

 

ketika kita membuat atau membuka canvas baru maka akan muncul seperti gambar pertama, halaman yang digunakan untuk menentukan seberapa besar ukuran canvas yang ingin kita gunakan, gambar kedua merupakan tampilan apabila kita mengklik edit pada gambar pertama. ukuran nya juga tersedia dalam berbagai jenis ada pixel, cm, inci dan lain-lain.

salah satu fitur yang cukup penting di aplikasi ini adalah beragam jenis brush yang dapat kita gunakan dan cukup mudah juga untuk mengganti baik warna maupun brush itu sendiri. seperti yang dapat dilihat pada gambar diatas warna yang dapat kita pilih sesuai dengan keinginan kita, berbagai jenis brush, contoh dari berbagai jenis brush. kita juga bisa mengubah besar dan kecilnya ukuran brush loh, keren kan.

 

kalau ada gula pasti ada gajah, bukan maksudnya semut, bener banget kalau ada fitur brush pasti ada fitur eraser dong tentunya. gimana coba menghapus gambar yang kita buat seandainya salah, hehehe. fitur brush pada medibang ini juga terdiri dari berbagai jenis dari yang menghapus secara jelas hingga ada yang menghapus tengah nya dan pinggirannya itu seperti transparant atau tidak terhapus semua. bahkan ada juga fitur untuk menghapus keseluruhan gambar.

pada medibang ada juga fitur snap, jadi snap itu semacam pegaris atau pola yang bisa gunakan dan ubah dengan mudah sehingga kita dapat membuat suatu bentuk dengan mudah , contohnya seperti pada gambar nomor satu dimana yudha menggunakan salah satu snap untuk membuat lingkaran, kita tinggal membesar dan mengecilkan nya saja lalu kita pilih fitur brush dan gambar, voila lingkaran sempurna pun tercipta

di gambar dua merupalkan fitur fill atau seandainya kita familiar seperti fitur bucket pada photoshop, fungsinya pun sama. dimana kita dapat mewarnai suatu daerah dengan mudah dan secara merata

digambar ketiga merupakan fitur gradient, menciptakan gradasi dua warna yang kita inginkan dengan mudah.


Dan medibang juga dilengkapi dengan fitur layering atau lapisan, dengan pilihan jenis layer yang beragam, ada juga fitur rotate untuk memutar canvas sesuka kita, cut copy dan paste, dan fitur fitur yang lainya. selain itu medibang juga bisa mengimport foto dan gambar dari penyimpanan lokal untuk diedit.

nah, last but not least… proses penyimpanan. di medibang kita bisa menyimpan kedalam galery atau penyimpanan aplikasi atau kita juga bisa mengexportnya untuk bisa dilihat dan disimpan di galery handphone kita.

ok, jadi itu dia sedikit perkenalan kita dengan aplikasi medibang paint, dari segi kemudahan aplikasi ini sangat membantu sekali dalam proses kreatifitas ditambah lagi aplikasi ini sudah ada versi android. jadi bisa dibawa kemana aja dan kapan saja, karena ide bisa datang tiba-tiba dan hilang saat itu juga, hehehe. untuk kekurangan hanya pada alat untuk menggambarnya sangat disarankan untuk menggunakan pen atau stylust dikarenakan tidak semua jari kita sama, apalagi jenis jari seperti yudha yang jempol semua.

untuk lebih dan kurangnya yudha mohon maaf yang sebesar-besarnya, sampai jumpa di episode selanjutnya

 

 

 

 

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.