[Latihan Kuy!] – Clipping Mask Sederhana Dengan Photoshop

0
47
Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta, kalau cinta sudah pasti C.I.N.T.A. Assalamuallaikum Wr. Wb, Panggil saja saya Mawar (bukan nama sebernarnya). Saya salah satu anggota divisi multimedia angkatan 2, saya telah diberi misi dan tanggung jawab untuk membuat dan memposting artikel apa saja seputar teknologi dan komputer di blog pucc. Dan disinilah saya berada menjalakan misi dan mempertanggungjawabkan apa yang telah di berikan kepada saya.

Ok, cukup basa-basinya… saya arif yudha ananda akan memposting artikel-artikel dalam beberapa kategori nantinya. Dan untuk postinggan pertama saya, saya akan memposting artikel dalam kategori atau segmen [Latihan Kuy!] jadi dalam segmen ini, yudha bakalan memberikan tutorial sederhana untuk mengasah skill kita dalam bidang multimedia.

Baca juga:   Kenalan Kuy sama Multimedia

Di postingan pertama ini saya bakalan memberikan tutorial sesuai dengan judul yang sudah tertera. Yup, Tutorial tentang clipping mask sederhana. Jadi apa itu klipping mask? Mari kita lihat sejenak…

 

Nah, pada bisa baca kan… jadi ditutorial kali ini bidang yang akan kita gunakan adalah tulisan PUCC bercetak tebal dimana nanti pada akhirnya akan ada gambar yang mengikuti bentuk tulisan Pucc tersebut.  Baiklah langsung saja kita ke TKP…

  1. Buka aplikasi adobe photoshop kalian. Disini saya akan menggunakan Adobe Photoshop CC 2017. Jika kalian menggunakan Adpbe Ps Cs 5 atau Cs 6. Tidak masalah karena tidak ada perdbedaan yang signifikan.Baca Juga:Kuy Kenalan sama Si Photoshop Biar makin jatuh cinta
  2. Buat dokumen baru dengan cara (klik file > klik new), atau dengan tombol (Ctrl+N).
  3. Ubah nama document sesuai dengan yang kamu inginkan. Dan kita gunakan saja default ukuran yg telah tersedia atau bisa juga diubah menjadi (1280px x 720px) lalu click create.
  4. Kita akan menggunakan Type tool (Horizontal Type Tool) untuk membuat kata PUCC yg besar.
  5. Ketikan kata Pucc dan atur menggunakan window seperti yang ada dibawah. Atau bisa juga menggunakan tombol Ctrl+T untuk merubah bentuk dan posisi, jangan lupa untuk mendouble klik jika sudah selesai untuk menerapkan hasilnya.
  6. Lalu kita akan memilih gambar yang akan digunakan untuk di sesuaikan dengan tulisan pucc. Dengan cara klik (file > Open > pilih folder dimana gambar yang akan digunakan berada.
  7. Disini saya meletakan gambar yang akan saya gunakan di folder khusus pada data (D;). Lalu Pilih gambar dan klik open
  8. kita akan memindahkan gambar yan telah kita buka ini ke layar yang ada tulisan nya, tekan (ctrl +a) lalu  (Ctrl+C). lalu pindah ke lembar kerja yang adah tulisan Puccnya
  9. paste kan gambar tersebut dengan cara (ctr+v) dan pastikan letaknya berada diatas layer teks (tulisan Pucc).
  10. jika sudah. Kita tinggal atur dan sesuaikan gambar yang akan ditampilkan dalam tulisan PUCC itu. Dan pastikan gambar menutupi semua tulisan.
  11. arahkan cursor ke layer gambar lalu (Klik kanan+create Clipig Mask).
  12. Tada… maka gambar tersebut sekarang sudah Mengikuti bentuk tulisan PUCC. Jika kalian rasa posisi gambar aneh dan kurang pas maka kalian bias mengatur posisinya dengan menekan tombol Ctrl sambil mendrag gambar tersebut kearah yang diinginkan. 
  13. yang terakhir kita ubah background nya mejadi warna hitam. Pilih Pain bucket tool Atau tekan tombol (ctrl+g). araha dan klik backgroundnya. Maka background akan berubah menjadi hitam.
  14. dan alhamdulillah udah selesai…  Biasa aja bukan? itulah inti dari tutorial kali ini… KESEDERHANAAN… Hazzzekkk….
  15. tinggal di save aja dengan format PNG atau JPG. Itulah tutorial yang sangat super duper sederhana yang bisa saya sharing kali ini. Lebih kurang nya saya mohon maaf saya akhiri dengan wabillahi taufiq walhidayah wasalamualaikm wr wb.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan