WORKSHOP TOPCODER INTRODUCTION UI/UX DESIGN DI UNIVERSITAS POTENSI UTAMA BERJALAN DENGAN LANCAR

0
559

Workshop Topcoder Introduction UI/UX design yang diadakan pada tanggal 03 Mei 2018 di Lab Studio dan Fotografi Universitas Potensi Utama berjalan dengan lancar. Workshop ini mengangkat tema tentang “Menambah pengetahuan para talenta kreatif dan memiliki potensi tentang panduan terbaik mengenai UI/UX design” yang dihadiri oleh 50 orang peserta yang terdiri dari berbagai jurusan di Universitas Potensi Utama.

Kegiatan ini diadakan oleh UKM PUCC(Potensi Utama Computer Club) yaitu salah satu organisasi yang ada di Universitas Potensi Utama dan merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang IT. Dalam kegiatan workshop ini, UKM PUCC menghadirkan pemateri yang memang sudah sangat handal di bidangnya, dan pemateri juga merupakan salah satu anggota dari Topcoder.

Apa itu Topcoder ? Topcoder adalah sebuah perusahaan teknologi berbasis Marketplace yang menghubungkan perusahaan-perusahaan Internasional dengan para anggotanya yang terdiri atas data Scientist, Programmer dan Designer grafis dari seluruh penjuru dunia. Karena pada tahun 2018 ini Topcoder juga memeriahkan acara Topcoder Regional di Indonesia yang melakukan roadshow ke beberapa kota di Indonesia, maka Universitas Potensi Utama lah yang dianggap memiliki talenta yang kreatif,inovarif,dan memiliki potensi yang bagus dipilih menjadi salah satu tujuan roadshow mereka.

Acara yang dibuka langsung dengan kata sambutan oleh Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Potensi Utama Yaitu Ibu Ratih Puspasari M.Kom dan kemudian oleh Pembina UKM PUCC yaitu Pak Andi Sanjaya M.Kom dan yang ketiga oleh ketupat (bukan makanan loh yah) maksudnya adalah singkatan dari ketua panitia wkwk 😀 yaitu Putri Ayu Lestari yang pantang mundurrrrr sebelum berjuang …..yeay:D wkwk.

kata sambutan dari Dekan FTIK

Dan acara ini dipandu oleh dua orang MC yang sangat keceeh badaii lah katanya 😀 (kata mereka sendiri loh yah haha) yaitu Alwi Rinaldy yang sudah terlebih dahulu menjemput gelarnya sebagai seorang sarjana komputer dan Fitri yang masih berjuang dijalan kebenaran menuju seorang sarjana 😀 wkwk garing yah, i’m sorry guys.

Duo MC

oh iya guys sebelumnya kalian uda pernah tau atau dengar apa itu UI/UX ? mungkin sebagian uda ada yang tau yah. Nah oke deh aku jelasin sedikit yah tentang apa itu UI/UX. User Interface adalah bagaimana suatu website atau aplikasi yang kamu buat terlihat dan berbentuk seperti apa. Hal tersebut mencakup Layout (tata letak), Visual Design (desain visual) dan Branding . Sedangkan User Experience adalah tentang “memahami penggunamu”. Tujuan UX adalah mencari tahu siapa mereka, apa yang mereka capai dan apa cara terbaik bagi mereka untuk melakukan “sesuatu”.

Sebagai pemateri yang pertama adalah bang Fajar Maulana H yang posisinya di Topcoder adalah sebagai Design Evangelist Topcoder, wow keren yah…. nah sebelum ke materi, terlebih dahulu bang Fajar mengenalkan profil dirinya, setelah itu langsung ke penyampaian materi. Dalam penyampaian materi, lebih di fokuskan untuk memberitahukan kepada para peserta workshop tentang apa itu Topcoder, bagaimanana sistem kerjanya, untuk mengetahui bagaimana cara memasarkan keahlian mereka sehingga dapat terpantau oleh perusahaan-perusahaan internasaional, dan lain sebagainya. Disini para peserta terlihat begitu fokus mendengarkan materi yang disampaikan (semoga para peserta mengerti dan paham yah) 😀

Penyampaian materi oleh Fajar Maulana H

Setelah itu lanjut ke pemateri yang kedua yaitu bang Rio Purba sebagai Member Of Topcoder . Sama seperti pemateri yang pertama, sebelumnya bang rio mengenalkan profil dirinya terlebih dahulu.

Penyampaian materi oleh Rio Purba

Nah materi yang disampaikan oleh bang rio ini mengharuskan para peserta workshop telah memiliki software photoshop sebelumnya, karena disini bang rio akan langsung memberikan praktek mengenai bagaimana tools-tools yang ia gunakan selama mengikuti perlombaan design yang ada di topcoder beserta cara-caranya, dan bagaimana panduan terbaik mengenai UI/UX yang dibutuhkan di dunia bisnis dan industri saat ini.

Para peserta pun fokus dalam mengikuti arahkan dari bg rio untuk mencoba mendesain suatu tampilan dari contoh UI/UX . Ada beberapa peserta yang mengalami kesulitan dalam menggunakan software photoshop, oleh karena itu para panitia pun ikut membantu peserta dalam mengikuti arahan untuk mendesain contoh tampilan UI/UX yang diberikan oleh pemateri, sesekali pemateri juga ikut membantu para peserta yang mengalami kesulitan.

Adapun sesi tanya jawab dari peserta dan bagi yang bertanya diberikan doorprize dari pemateri yaitu berupa T-Shirt . Dan ada juga sesi pemberian cindera mata kepada para pemateri yaitu Gambar vektor wajah dan juga Piagam Penghargaan yang diberikan langsung oleh pembina UKM PUCC .

Pemberian cindera mata berupa gambar vektor untuk kedua pemateri
Pemberian piagam penghargaan untuk kedua pemateri

Dan workshop ini diakhiri dengan sesi foto bersama dengan para peserta, panitia, dan pemateri .

Foto bersama dengan panitia
Foto bersama para peserta

Sekian yah guys review dari workshop UI/UX Design…

Sampai jumpa dalam workshop berikutnya, Insyaallah berkah hehe 😀 Semoga seluruh peserta bisa segera merealisasikan karya-karya nya…

Amin Ya Rabbal’Alamin 🙂

 

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.