Tutorial Cara Membuat Kabel UTP/LAN Untuk Membangun Suatu Jaringan Yang Bersifat Lokal

0
454

      Assalamualaikum wr wb , Nama Saya Yuri Sandika Putra dari divisi netsec,pada kesempatan kali ini saya ingin sharing ilmu mengenai cara membuat kabel UTP atau sering disebut kabel LAN, yah mungkin abang-abang disini sudah sangat familiar dengan materi yang akan saya bagikan ini,tapi tidak ada salahnya untuk di share kepada anggota lain yang belum mengetahuinya. Kabel ini dibutuhkan untuk menghubungkan perangkat-perangkat jaringan, contohnya dari lan card komputer ke komputer , switch, router atau perangkat jaringan lainnya.Maka dari itu kabel LAN ini sangat dibutuhkan jika abang-abang dan kakak-kakak ingin membangun/membuat suatu jaringan yang bersifat lokal,seperti di Lab kampus kita yang sering digunakan untuk kita sharing ilmu.
Oke tidak usah basa basi lagi kita langsung saja ke inti pembahasan, yang pertama kali adalah mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kabel ini, yakni :

1. Tang Krimping
Ada yang kenal dengan benda ini,kalo belum kenal kenalan dulu dong hehe , fungsi dari alat ini adalah untuk mejepit kabel UTP/LAN ke konektor RJ45. Dan yang penasaran seperti apa wujudnya bisa dilihat dari gambar di bawah ini :

Hasil gambar untuk tang crimping

2. Konektor RJ45
Konektor adalah alat yang kita pasang pada ujung kabel UTP/LAN tujuanya agar kabel dapat kita pasang pada port LAN di perangkat jaringan kita. Dan yang penasaran seperti apa wujudnya bisa dilihat dari gambar di bawah ini :

Hasil gambar untuk rj 45

3. Kabel UTP/LAN
Jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer berjenis kabel UTP Cat 5 yang berisi 8 kabel didalamnya. Dan yang penasaran seperti apa wujudnya bisa dilihat dari gambar di bawah ini :

Hasil gambar untuk kabel utp

     Oke itulah alat-alat yang kita perlukan untuk membuat sebuah kabel UTP/LAN,dan sekarang kita masuk ke proses cara pembuatan kabel nya. Oh iya Kabel ini mempunyai urutan warna yang perlu diketahui dalam pembuatan kabelnya. Urutan warna ini punya dua jenis, jenis kabel UTP straight dan CROSS mempunyai urutan warna yang berbeda.

I. URUTAN WARNA KABEL LAN STRAIGHT
Kabel straight mempunyai urutan warna yang sama di kedua ujungnya.untuk lebih jelasnya lihat saja gambar di bawah ini :

II. URUTAN WARNA KABEL LAN CROSS
Kabel cross mempunyai urutan warna yang berbeda di salah satu ujungnya. Di salah satu ujungnya.lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :

Lalu bagaimana cara membuat kabel UTP/LAN nya ? simak gambar dan langkah-langkah di bawah ini ya abang-abang.

• Potong panjang kabel sesuai kebutuhan(ingat,yang dipotong adalah bungkus luar kabel nya saja).
• lepas bungkus luar kabel, seruas jari kelingking saja. Hati-hati kabel kecil didalamnya terpotong.
• Urut-urut kabel kecil didalamnya agar lurus, agar mudah dimasukan ke konektor RJ45nya.
• Masukan kabel ke konektor RJ45nya, pastikan semua ujungnya sampai mentok di konektornya. Agar kabelnya tergigit oleh tembaga konektornya.
• Jepit konektornya pakai tang krimping, posisi kabel jgn sampai tertarik atau pastikan masuk dengan benar kabelnya.
• Selesai.

      Sekarang abang-abang dan kakak-kakak tinggal mengetes kabel yang tadi di buat.abg2 bisa menggunakan alat test kabel UTP atau pun langsung coba pasang ke komputer atau perangkat jaringan. Test kabel UTP abg2 dengan cable tester, alat untuk menguji hasil crimpingan kabel kita, Indikatornya cukup mudah, abg2 hanya perhatikan lampu di cable tester itu. Pastikan 8 lampu menyala berurutan tanpa ada yang mati. Yang penasaran seperti apa alatnya bisa dilihat di bawah ini :

     Baiklah abang-abang sepertinya materi yang saya bagikan pada kesempatan kali ini sudah selesai,semoga bermanfaat bagi abg2 dan kakak2 semua,dan saya minta maaf jika ada kekurangannya(pasti ada lah ya :v),Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.