Teknologi Terbaru LIFI, Transfer Data Yang 100 Kali Lebih Cepat Dibanding WIFI

0
254

Apakah anda pernah berfikir bahwa lampu LED dapat digunakan untuk komunikasi data. Sementara saat ini teknologi komunikasi data hanya dapat dilakukan melalui kabel dan WIFI. Namun dalam waktu dekat ternyata kita dapat memanfaatkan teknologi baru untuk komunikasi data yakni melalui lampu LED.

LIFI sebuah teknologi baru nirkabel yang memanfaatkan cahaya LED untuk komunikasi data. Teknologi ini pertama kali ditemukan oleh Harold Haas. Yang lebih mengejutkan lagi LIFI diklaim dapat menstransfer data 100 kali lebih cepat dibandingkan WIFI.

Secara umum teknologi WIFI memanfaatkan gelombang frekuensi radio untuk komunikasi data, sedangkan LIFI memanfaatkan cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED untuk komunikasi data dan yang paling penting LIFI tidak menunjukkan adanya interferensi elektromagnetik.

Lebih menariknya lagi LIFI dapat bekerja di dalam media padat seperti laut. Berbeda dengan WIFI yang mempunyai akses terbatas, LIFI dapat diakses di tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau WIFI seperti dalam pesawat terbang, kapal selam, dan rumah sakit.

Security yang ditawarkan oleh LIFI tergolong cukup baik, pasalnya teknologi komunikasi data LIFI tidak dapat menembus dinding. Hal inilah yang membuat aman saat transfer data menggunakan teknologi LIFI tanpa takut di hacking dan sangat cocok digunakan oleh badan intelijen.

Walaupun LIFI saat ini masih berupa konsep, mungkin dalam 5 tahun ke depan teknologi ini akan dapat diterapkan di dunia nyata. Pembahasan jelas tentang teknologi LIFI dapat dilihat melalui video dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.