Port Apache pada XAMPP Error ? Ini solusinya!

0
929

Assalamualaikum Wr. Wb
Apa kabar readers PUCC ? semoga baik baik aja ya .
Pada post ini , saya akan membagikan cara mengatasi cara bagaimana mengatasi port xampp yang error.
Apa itu Xampp ?
” XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program”. Mungkin kalian bisa membacanya disini.
Ketika kita ingin menjalankan xampp sebagai webserver local kita, mungkin pernah terjadi blocked atau crash error pada port xampp nya seperti dibawah ini

Port Xampp yang error
Port Xampp yang error

Nah, gimana tuh bisa error gitu ? Biasanya terjadi karena port 80 dan 3306 sedang dipakai oleh service yang lain, makanya service apache nya gak mau jalan.
Terus Solusinya gimana ? simak baik baik cara mengatasinya

1. Aktifkan Xampp Control Panel yang ada di pc kita
2. Klik button config dan pilih ” Apache (httpd.conf) ” atau buka file melalui explorer kita yang secara default ada di path ” C:\xampp\apache\conf\httpd.conf ” , sesuaikan dengan path kita menginstall xampp tersebut

Button Config pada xampp
Pilih Button Config pada xampp

3. Setelah terbuka file konfigurasi nya, cari dan ubah text berikut
“Listen 80 menjadi Listen 81 juga ServerName localhost:80 menjadi ServerName localhost:81”

         

Setelah port telah diubah, coba restart xampp tersebut. Jika masih terjadi error coba jalan kan lewat mode “open as administrator”, jika error juga, uninstall saja xampp nya, bisa jadi dia udah bosen sama kamu.

Sekian ^_^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.