Perbedaan Grafik Vektor dengan Bitmap

0
160

 

 

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum teman..

Pada Post ini kita bakal bahas apa itu perbedaan Vektor dengan bitmap.

Sebelumnya Vektor itu apa sih ?

VEKTOR adalah sebuah gambar digital yang terbentuk dari garis dan kurva secara matematis dari berbagai titik. Gambar vektor tidak tergantung pada resolusi. Seperti yang kita ketahui kalau gambar Vektor biasanya berukuran kecil kalau kita bandingkan dengan gambar Bitmap.

  • AI,SVG,CDR,EPS <— ini adalah beberapa format dari gambar Vektor.
  • Adobe Ilustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, Xara, Serif DrawPlus,    harvardDraw <—- ini adalah beberapa aplikasi berbasis Vektor.

lanjut ke Bitmap, Bitmap itu apa sih ?

BITMAP atau juga diseut RASTER adalah kumpulan kotak-kotak kevil yang biasa kita sebut pixel. Kotak-kotak kecil ini adalah kumpulan warna yang jika semua disatukan akan membentuk sebuah gambar. Kalau kita ingin memastikan gambar bitmap itu terdiri dari kotak-kotak kecil, cukup kita zoom saja gambarnya semaksimal mngkin maka kita bisa melihat kotak-kotak kecil itu dan gambarnya juga bakalan terlihat seperti pecah atau nge blur gitu , biasanya kayak video yang masih 3gp gitu ..

  • Kalau Untuk Format yang digunakan bitmap adalah GIF,JPEG/JPG,BMP,PNG,PICT(macintosh),PCX,TIFF,PSD(adobe Photoshop).
  • Kalau Aplikasi grafisnya –> Adobe Photoshop, CorelDraw,Jasc Paint Shop Pro, Micrografix Picture Publisher, Ulead PhotoImpact, Microsoft Paint.
Nah kalau lihat Gambar di atas itu Contoh sederhana dari Vektor & Bitmap.
Sekian Pembahasan tentang perbedaan Vektor dengan Bitmap , Maaf kalau hanya sedikit yang bisa saya berikan dan sampai jumpa di Pembahasan selanjutnya..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.