Perbandingan MySQL dan PostgreSQL

0
343

PENGERTIAN MYSQL

MySQL adalah sistem database SQL yang bersifat Open Source(terbuka). Sistem Database MySQL mendukung fitur- fitur seperti multithreaded, multi-user, dan SQL database dan (DBMS).

Mysql juga merupakan Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License), yang  mana pada setiap orang bebas untuk menggunakan dan memanfaatkan Mysql. Namun tidak bersifat komersial.

MySQL dan PHP merupakan sistem yang saling terintegrasi. yaitu pembuatan database dengan menggunakan sintak PHP dapat di buat. Kemudian  input yang di masukkan melalui aplikasi web yang menggunakan script serverside  seperti PHP dapat  langsung  diinputkan ke database MySQL di server dan tentunya web tersebua di dalam sebuah web server.

KELEBIHAN MYSQL

  • Mysql didistribusukan secara open source (gratis) dibawah license GPL (General Public Licene)
  • Mysql dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik
  • Mysql memiliki tipe kolom seperti signed/usigned integer, float, double, char, text, date, timestamp
  • Memiliki sistem sekuriti yang cukup baik dengan verifikasi host.
  • Mendukung ODBC untuk sistem operasi Windows.

KEKURANGAN MYSQL

  • Dalam bahasa pemograman visual seperti vb,Delphi, atau foxpro. Mysql tidak mensupport dan sulit untuk mengkoneksikannya.
  • Data yang akan ditangani tidak begitu besar

PENGERTIAN POSTGRESQL

Yaitu sistem yang disebarluaskan secara bebas menurut perjanjian bsd. PostgreSQL memiliki fitur-fitur yang cukup menarik, yaitu bahwa PostgreSQL mempunyai sekumpulan fitur yang kaya dan lengkap serta unik, yang mensuport  transaksi, view, subselect, foreign key support, pemeriksaan, dan lain-lain. Namun, PostgreSQL selama ini sudah  banyak  memberikan keuntungan yang banyak kepada para perusahaan atau usaha bisnis yang menggunakan database system. PostgreSQL juga  merupakan Sebuah Obyek-Relasional Data Base Management System (ORDBMS) yang dikembangkan oleh Berkeley Computer Science Department.

KELEBIHAN POSTGRESQL

  • Resisten terhadap over-deployment
  • Menghemat biaya staffing
  • Terpercaya dan stabil
  • Extensible (dapat diperluas)
  • Cross platform
  • Fitur fitur yang sangat mendukung

KEKURANGAN POSTGRESQL

  • Belum mendukung selectable stored procedure seperti firebird
  • Physical database (table) file nya berserakan
  • Konsep penyimpanan fisiknya satu objek = 1 atau lebih file, bukan 1 database = 1 file

PERBANDINGAN MYSQL DENGAN POSTGRESQL

Tujuan Desain

berkembang dari solusi yang dipakai oleh pembuatnya, TcX AB, dalam memroses data untuk aplikasi Web. Fokusnya adalah pada kecepatan, berkembang dari riset akademik. Dan Dari semula latar belakang dikembangkannya kedua database ini sudah berbeda. MySQL telah  berkembang dengan solusi yang dipakai oleh penemunya, TcX AB, di dalam proses data untuk aplikasi Web. Fokusnya yaitu ada  pada kecepatan. PostgreSQL, di lain pihak, dan berkembang dari riset-riset akademik. Fokus pengembangannya PostgreSQL adalah ada  pada fitur OO, reliabilitas, dan dukungan SQL. Namun,  kedua hal  ini terus bertambah.

Pengembangan

diatur secara sentral oleh perusahaan komersial di Swedia bernama MySQL AB (sebelumnya TcX AB) dikembangkan secara lebih terdesentralisasi dan merakyat, namun tetap diatur oleh sebuah kelompok online bernama PostgreSQL Development Group.

MySQL dirilis dalam satuan yang lebih sering (sebulan bisa lebih dari satu kali), sementara PostgreSQL sekitar 4–6 bulan sekali.

Jumlah Pengguna

Menurut MySQL AB, saat ini jumlah instalasi MySQL sekitar 3 juta. PostgreSQL sendiri tidak mengetahui  pasti ada berapa jumlah banyaknya  penggunanya; kemungkinan masih di bawah MySQL karena banyaknya  situs Web dan perusahaan webhosting yang menggunakan MySQL. Ditambah secara keseluruhannya popularitas dari MySQL lebih besar daripada PostgreSQL. Namun, karena PostgreSQL  disertakan secara default di distro-distro Linux seperti Red Hat dan juga SuSE, jumlah penggunanya pun kemungkinan sangat banyak.

Lisensi

Lisensi PostgreSQL lebih liberal. Dan itulah  sebabnya ada banyak produk closed-source dan juga komersial yang daapat dikembangkan menggunakan  source code PostgreSQL. MySQL,dan di karenakan lisensi itu berada di bawah GPL, dan tidak diperbolehkan dimodifikasi yang dapat menghasilkan produk turunan yang bersifat closed-source.

Kecepatan

Soal kecepatan ini relatif dan kadang juga jadi isu sensitif. Baik itu di kedua pihak, ataupun juga pihak ketiga, Pada dasarnya perbandingan kecepatan keduanya seperti ini: MySQL dikenal cepat dalam persoalan melakukan query yang simple atau sederhana. Dan  dapat memroses lebih banyak SQL per satuan waktu. Namun, dalam kondisi load yang tinggi (jumlah koneks dalam jangkai simultan besar), PostgreSQL sering kali dapat mengalahkan MySQL untuk query dengan klausa JOIN yang sangat kompleks, seperti dialami oleh Tim Perdue disaat mereka mencoba kedua database untuk dapat diimplementasikan di dalam SourceForge.net.

Interface

Keduanya sudah amat solid. diMulai dari  bagian API C/C++, driver database Perl/Python/PHP/Tcl, ODBC, JDBC yang telah didukung. Anda semua tidak akan kesulitan dan dimudahkan dalam  menggunakan database ini dari berbagai sistem dan juga bahasa pemrograman. MySQL juga dapat  mendukung OLEDB yang memiliki versi embedded untuk dilink bersamaan dengan  aplikasi buatan Anda sendiri.

Replikasi

Keduanya sudah memiliki replikasi, meski replikasi di MySQL barulah satu arah. Replikasi di PostgreSQL sendiri belum disertakan dalam distribusi standarnya, namun Anda dapat mengunjungi situs gborg.postgresql.org/project/pgreplication/ (proyek pgreplication).

Manajemen User dan Keamanan

Kedua database menyimpan informasi user di sebuah database khusus. Sistem perizinan MySQL lebih mendetil daripada PostgreSQL. contohnya, anda dapat mengeset agar user tertentu yang datang di host tertentu hanya dapat membaca tabel dan  tanpa bisa UPDATE. pada PostgreSQL  masih bisa dilakukan dengan cara VIEW

Fitur Unik

MySQL memiliki arsitektur yang memungkinkan sebuah database terdiri dari beberapa jenis tabel, misalnya: yang transaksional dan tidak, yang berbasis di memori dan juga pada disk, yang telah terkompresi dan juga yang bersifat  read-only. MySQL juga mendukung protocol yang telah  terkompresi yang dapat menghemat bandwidth dan juga mengurangi latensi.

PostgreSQL juga memiliki tipe-tipe  data array, pewarisan tabel dan juga tipe data, serta sistem rule. PostgreSQL memiliki tipe-tipe data “antik.” Di PostgreSQL Anda dapat menulis stored procedure (atau procedural language, istilah di PostgreSQL) dalam beberapa bahasa: PL/Perl, PL/Tcl, atau PL/PgSQL. PostgreSQL mendukung set/himpunan.

Fitur OO dan SQL

Dalam jangka waktu mulai dari beberapa tahun PostgreSQL akan tetap memiliki fitur-fitur  yang lebih lengkap dan mantap dibandingkan MySQL. Lebih banyak fitur- fitur dari standar SQL92 yang diimplementasikan oleh PostgreSQL. MySQL juga  belum mendukung subselek. View, trigger, foreign key checking  dan stored procedure semua hanya ada di PostgreSQL

.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.