Pengertian dan Fungsi CMS Dalam Web Development

0
193
Apa itu CMS ? Pengertian dan Fungsi CMS Dalam web development

 

Apa itu CMS ? 

Dalam dunia web development kita sering mendengar istilah CMS, dan apa itu CMS ?

CMS adalah singkatan dari (Content Management System) yang berfungsi un tuk mengelolah halaman website, CMS sendiri adalah sebuah gabungan antara website dan blog. Untuk menggunakan cms, kita tidak harus memahami pemrogramman seperti yang ada pada pembuatan website lainya, dengan bermodalkan domain dan hosting anda dapat membuat website sesuai keinginan anda.

Setiap cms memiliki plugins dan template untuk memperindah tampilan website, jika anda ingin mengganti warna ataupun thema pada website anda hanya perlu menginstall atau mengganti template yang tersedia di cms tersebut.

Kelebihan Menggunakan CMS

  • Mempermudah pembuatan website
  • Menghemat waktu dan tenaga
  • Tidak terlalu sulit di gunakan
  • Memiliki template dan plugins yang bisa di pasang sesuai keinginan
  • Memiliki forum dan komunitas

Bahkan seorang web developer juga sering menggunakan CMS untuk kepentingan bisnis ataupun project yang dimiliki agar lebih efesian dan menghemat waktu. Contoh nya jika kita ingin membuat website portofolio atau company profile kita tidak perlu repot membangunnya dengan Bahasa pemrogramman atau framework – framework seperti Laravel atau CI yang dapat menguras waktu.

Seiring berkembangnya waktu, cms juga di gunakan sebagai alternatif untuk membangun website e-commerce atau (online store) seperti Gramedia dan Lazada dan lainnya.

Daftar CMS yang Sedang Populer

Setelah mengetahui apa itu CMS ada baik nya kita juga mengetahui CMS yang sedang Populer Saat ini. Dari begitu banyaknya CMS yang tersedia di dunia ini pastinya ada beberapa CMS yang sangat populer atau yang paling banyak di gunakan, apa aja sih daftar cms yang populer sekarang ? Mari kita simak article di bawah ini.

  1. WordPress

wordpress

CMS paling populer sampai sekarang ini yang di bangun dengan Bahasa PHP dan pengolahan database dengan MySQL. Memiliki banyak koleksi template dan plugins yang sangat membantu dalam pembuatan website. WordPress dapat di gunakan sebagai website blog personal, organisasi hingga website e-commerce.

2. Magento

magento

Salah satu CMS yang cukup populer di kalangan e-commerce. Memiliki fitur yang lengkap seperti total pendapatan, informasi user dan system invoice. Magento hanya di gunakan pada website berbasis e-commerce.

3. Joomla

joomla

Memiliki license GPL dan bersifat open soruce seperti halnya pada wordpress, joomla juga di bangun menggunakan PHP dan MySQL. Joomla di dapat di gunakan sebagai web personal dan bisnis.

Itulah beberapa daftar CMS yang populer hingga saat ini, jika ingin menggunakan cms pilihlah cms yang sesuai dengan kebutuhan anda. Setiap CMS memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing.

Kunjungi terus pucc.or.id untuk mendapatkan lebih banyak informasi dan ilmu yang bermanfaat seputar tehknologi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.