PENGENALAN APLIKASI NETBEANS PART I

0
75

Pengertian NetBeans

NetBeans atau juga yang biasa disebut Integrated Development Environment (IDE) berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas Swing. Swing adalah teknologi Java yang bekerja untuk pengembangan aplikasi Desktop yang dapat bejalan di berbagai macam platforms seperti Windows, Linux, Mac OS X and Solaris. Suatu IDE adalah lingkup pemrograman yang diintegrasikan kedalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan pembangun Graphic User Interface (GUI), suatu text atau kode editor, suatu compiler atau interpreter dan suatu debugger. Netbeans adalah suatu tipe software development  Open Source, dengan kata lain software ini di bawah pengembangan bersama, bebas biaya NetBeans merupakan sebuah proyek kode terbuka yang sukses dengan pengguna yang sangat luas, komunitas yang terus tumbuh dan berkembang pesat . Yang menjadi sponsor utama Netbeans adalah Sun Microsystems mendirikan proyek kode terbuka NetBeans pada bulan Juni 2000

Sejarah singkat Netbeans

NetBeans dimulai pada tahun 1996 sebagai Xelfi (kata bermain pada Delphi ), Java IDE proyek mahasiswa di bawah bimbingan Fakultas Matematika dan Fisika di Charles University di Praha .  Diawal tahun 1997 Staněk Romawi membentuk perusahaan sekitar proyek tersebut dan menghasilkan versi komersial NetBeans IDE hingga kemudian dibeli oleh Sun Microsystems pada tahun 1999. Komunitas NetBeans terus tumbuh, berkat individu dan perusahaan yang menggunakan dan berkontribusi dalam proyek ini.

VERSI NETBEANS

NetBeans IDE Versi 6.0 memperkenalkan dukungan untuk pengembangan IDE dan aplikasi Client  yang berdasarkan platform NetBeans, Java Swing GUI builder (sebelumnya dikenal juga sebagai “Proyek Matisse”), meningkatkan CVS dukungan, WebLogic 9 dan JBoss 4 mendukung perangkat tambahan banyak editor. NetBeans 6 tersedia dalam repositori resmi dari distribusi Linux utama.

NetBeans Enterprise Pack Merupakan versi mendukung pengembangan aplikasi seperti Java EE 5 untuk perusahaan, Sudah termasuk SOA alat desain visual, skema XML tools, web orkestrasi layanan (untuk BPEL), dan UML modeling.

Kelebihan Aplkasi NetBeans

  1. Kelebihan yang utama dari Java ialah dapat dijalankan di bebagai macam platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, dan dapat dijalankan di mana saja.
  2. OOP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis object secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object.
  3. Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya.
  4. Bergaya C++, memiliki sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman [C++] sehingga menarik banyak pemprogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java berkembang pesat, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java.
  5. Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

Kekurangan Aplikas NetBeans

  1. Menggunakan resource memori ram yang cukup banyak
  2. Mudah untuk Dekompilasi adalah sebuah proses membalikkan dari kode yang menjadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan terjadi karena kode  Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, method, dan tipe data.

Sekian yang dapat saya jelaskan tentang pengenalan aplikasi netbeans part I di tunggu part II nya ya . Sekian Dan Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.