PENGENALAN APLIKASI NETBEANS PART II

0
22

 

Kali ini saya akan melanjutkan artikel tentang pengenalan aplikasi netbeans seperti yang kita tau Netbeans merupakan  aplikasi Integrated Development Environment (IDE) berbasis Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing merupakan teknologi  dari Java yang bertujuan sebagai pengembangan aplikasi dekstop yang dapat berjalan dijalankan berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan juga  Solaris atau biasa di sebut multi platforms. Sebuah Integrated Development Environment adalah sebuah lingkup pemrograman yang di integrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyajikan Graphic User Interface (GUI).

Netbeans merupakan framework yang dapat digunakan kembali atau biasa disebut reusable untuk menyederhanakan sebuah pengembangan aplikasi desktop dan Platform NetBeans juga menawarkan berbagai layanan yang  umum bagi aplikasi dekstop, mengijinkan pengembang agar fokus ke logika yang lebih spesifik terhadap aplikasi.

Netbeans ini memiliki beberapa fitur adapunn fitur-fitur yang terdapat dalam netbeans antara lain:

  1. Smart Code Completion:  berfungsi untuk memberi saran nama variabel dari suatu tipe, melengkapi keyword dan juga mengusulkan tipe parameter dari sebuah method.
  2. Bookmarking: fitur yang satu ini digunakan untuk menandai suatu baris saat kita ingin memodifikasi.
  3. Go to commands: fitur ini digunakan untuk lompat ke deklarasi variabel, source code atau file yang terdapat pada file project yang sama.
  4. Code generator: Ketika kita menggunakan fitur ini kita bisa mengenerate constructor, setter and getter method dan juga yang lainnya.
  5. Error stripe: fitur ini digunakan untuk menandai baris yang error dengan memberi garis  bawah merah.
  6. Code Template: Dalam bahasa java ketika ingin mencetak output kita menggunakan System.out.println(); Nah pada netbeans kita cukup menuliskan sout + Tab maka secara otomatis akan terbuat System.out.println();. Inilah yang disebut dengan code template.
  7. Merubah Nama Class: Pada saat membuat project baru, kemudian kita berkeinginan merubah nama dari class tersebut, maka tinggal klik pada nama class yang ingin diubah, lalu klik refactor – kemudian pilih Rename. Gantilah nama class kita inginkan. Menggunakan  refactor dengan pemilihan rename bukan hanya dapat merubah nama class saja namun juga bisa untuk merubah nama method, nama package dan nama field.
  8. Netbeans Mobility Pack :Fitur untuk mengembangkan aplikasi yang berjalan pada perangkat bergerak (Mobile). Biasanya di gunakan untuk menulis, menguji, dan debugging pada perangkat mobile.
  9. Netbeans Profiler Pack :Fitur yang mengoptimalkan aplikasi java, membantu menemukan kebocoran memori dan mengoptimalkan kecepatan.
  10. Netbeans C / C++ Pack :Fitur untuk menambahkan dukungan terhadap pengembang C / C++ ke Netbeans IDE. Pack ini memperbolehkan pengembang menggunakan compiler dan alat sendiri bersama dengan Netbeans IDE untuk membangun aplikasi native.
  11. Netbeans Enterprise Pack :Fitur untuk memperluas dukungan terhadap pengembangan aplikasi perusahaan dan web service pada Netbeans IDE tersebut.
  12. Netbeans Ruby Pack : Fitur untuk mengijinkan pengembangan IDE menggunakan Ruby dan JRuby, sebagaimana Rouls untuk dua implementasi Ruby yang lain.
  13. Netbeans Java Script Editor: Fitur yang menyediakan perluasan dukungan terhadap Java Script dan CSS dalam pengembangan web.

Sekian pembahasan lengkap mengenai aplikasi desktop netbeans yang dapat di gunakan multi platforms berserta fitur yang ada di tawarkan aplikasi Netbeans IDE.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.