Opsi pengembang(Developer options) pada Android

0
51

 

Opsi pengembang(Developer option) adalah salah satu fitur yang terdapat dalam pengaturan sistem Android. Manfaatnya sangat banyak, jika Anda ingin memiliki akses lebih banyak untuk menampilkan fitur-fitur tertentu dalam Android, Anda bisa memulainya dengan mengaktifkan Opsi pengembang ini.

Jika fungsi mode pengembang ini sudah diaktifkan di HP Anda, maka Anda juga dapat mengaktifkan beberapa opsi berikut ini:

1.USB Debug: menu ini berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara Hp dengan PC Anda melalui ADB (Android Debug Bridge)dengan menggunakan kabel USB. Cukup akftikan menu ini untuk bisa menggunakan ADB atau DDMS.

2.Sandi cadangan desktop (Desktop backup password) : Anda dapat menggunakan ADB untuk membuat cadangan dan memulihkan hal-hal seperti aplikasi dan data yang terkait ke dan dari komputer Anda.

3.Running Service : Menu ini berfungsi untuk melihat tampilan layanan yang sedang aktif di HP Anda, dan sewaktu-waktu Anda ingin menghentikan tampilan tersebut dapat dilakukan walaupun kondisi aplikasi HP Anda sedang aktif atau sedang berjalan.

4.Take bug report: Fungsi dari menu ini adalah untuk mengizinkan aplikasi yang terpilih untuk mengumpulkan informasi tentang status perangkat anda lewat email atau berfungsi untuk mengumpulkan laporan berisi aplikasi yang Anda jalankan.

5. Mengaktifkan log pengintaian HCI Bluetooth (Enable Bluetooth HCI snoop log): adalah pilihan yang dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan log Bluetooth Host Control Intervice. Ini akan sangat berguna bagi Anda yang ingin mengetahui aktifitas dan hubungan bluetooth perangkat Anda. Terkadang, pengembang atau spesialis keamanan perlu menangkap dan menganalisis paket Bluetooth HCI (Host Controller Interface). Mengaktifkan ini akan menempatkannya di file pada penyimpanan perangkat (/sdcard/btsnoop_hci.log) untuk pengambilan log. Anda kemudian bisa menganalisisnya dengan program seperti Wireshark.

6. OEM unlock(Original equipment manufacturer unlocking) adalah: pilihan yang ada untuk membatasi kemampuan Anda untuk flash gambar kustom dan bypass bootloader. Jika perangkat Anda dicuri atau hilang dan seseorang mencoba untuk flash file kustom atau mendapatkan data dari perangkat Anda, jika OEM unlock tidak diaktifkan maka mereka tidak akan dapat melakukannya. Satu-satunya yang bisa dilakukan adalah menyeka data pabrik. Ini memastikan tidak ada yang bisa mengakses data Anda tanpa izin.

7. Pilih Aplikasi lokasi Palsu (Mock location app):Pengaturan ini akan membiarkan Anda menulis informasi lokasi secara manual, sehingga telepon Anda menganggapnya di tempat yang sebenarnya tidak benar. Selain menipu di foursquare, ini berguna jika sebuah aplikasi menggunakan informasi lokasi.

8. Verifikasi aplikasi melalui USB (Verify apps via USB):Memasang konten secara manual atau melalui USB dapat menginfeksi perangkat Anda dengan konten berbahaya, yang berpotensi membahayakan perangkat Anda. Fitur ini akan melakukan verifikasi dan Google juga akan memindai hal yang sama.

9. Mengaktifkan Pencatatan Log Panjang Wi-Fi (Enable Wi-Fi Verbose Logging):perintah ini meningkatkan tingkat logging Wi-Fi,dan menunjukkan per SSID RSSI di Wi-Fi Picker.

10. Pengalihan Wi-Fi Agresif ke Seluler (Aggressive Wi-Fi to Mobile handover):jika Anda mengaktifkan fungsi ini, Wi-Fi akan lebih efisien dalam menyerahkan sambungan data ke jaringan seluler, saat sinyal Wi-Fi rendah.

11. Pilih Konfigurasi USB (Select USB Configuration):Memungkinkan untuk memilih jenis konfigurasi USB untuk perangkat yang terhubung ke PC – charging only, MTP, PTP, RNDIS, Audio Source atau MIDI.

12. Force 4x MSAA (turn on 4x MSAA) : Multi-sample Anti-aliasing(MSAA) adalah jenis Anti-aliasing yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas gambar, memberikan sedikit waktu sulit untuk performa (Ini tergantung pada konfigurasi perangkat keras smartphone Anda).

13. Render yang dipercepat Perangkat Keras (Hardware accelerated rendering) :Opsi rendering yang dipercepat hardware memberikan cara untuk mengoptimalkan aplikasi Anda bagi platform hardware targetnya dengan memanfaatkan opsi berbasis hardware seperti GPU, layer hardware, dan multisample anti-aliasing (MSAA).

14. Skala Durasi Animator adalah pilihan yang digunakan untuk mengatur durasi animasi ketika membuka sebuah pilihan.Secara default, efek animasi android sudah diaktifkan ketika kamu membeli sebuah smartphone android. Efek animasi adalah efek-efek gerakan yang keluar baik ketika kamu menekan suatu tombol virtual di smartphone, menutup ataupun membuka aplikasi.

Itulah beberapa keuntungan jika kita mengaktifkan mode pengembangang(Developer mode).Jika anda sudah memahami fungsi dari menu yang terdapat di menu developer android ini ,anda pasti bisa memilih menu mana yang akan anda aktifkan.Namun tetaplah dengan sedikit berhati-hati.Anda bisa saja meningkatkan kemampuan Android Anda, tetapi bisa juga merusaknya.
Demikian Penjelasan Tentang Opsi Pengembang (Developer Options) di android. setiap ponsel mungkin akan sedikit berbeda opsi,tetapi anda bisa menyesuaikannya sendiri.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.