Selamat siang semua, kali ini saya akan membuat sebuah panduan lengkap untuk pemula mengenai Editing video di adobe premiere pro cc.
1.Cara Membuat Project baru Di Adobe Premiere Pro CC
Langkah Pertama
Buka Software Adobe Premiere . Setelah itu klik New Project
  1. New Project : Membuat project baru
  2. Open Project : Membuka project

 

Langkah Kedua
Setelah tadi klik New Project akan muncul gambar seperti dibawah ini. A
  1. Nama : Isi sesuai dengan keinginan teman-teman
  2. Location : Menyimpan File Project yang akan di tentukan teman-teman (Jika ingin menyimpan sebuah project, saya sarankan harus dalam 1 folder video,gambar Dll)
  3. Video Rendering and Playback : Ini adalah alat bantu saat melakukan preview dan rendering, biasanya jika leptop atau komputer kalian support VGA akan ada bertuliskan seperti gambar di bawah ini.
Dan sisanya bisa kalian abaikan atau tidak usah di setting lagi, dan yang saya sebutkan di atas adalah basic yang harus kita perhatikan saat membuat sebuah project baru. Setelah itu Klik Ok
Nah… Seperti inilah tampilan awal software Adobe premiere pro CC.

Oke, terus kita akan beralih pada Tools di Adobe Priemer Pro CC.

2. Memahami Fungsi Tools Pada Source Monitor di Adobe Premiere Pro CC
1. Marker Tools
Marker Tools atau memberi suatu tanda pada bagian video. Tools ini jarang saya gunakan, karena di timeline editing sudah ada menyediakan Marker Tools.
2. Mark In & Out
Biasanya kita langsung melakukan import video ke timeline editing sequence kita kan? tanpa harus menyeleksi bagian mana yang ingin kita import ke Timeline editing dan melakukan Cut atau memotong di timeline editing.
Dengan menggunakan Mark I/O ini kita bisa memotong langsung bagian mana yang ingin kita masukan ke timeline editing. Tepatnya untuk mempermudah hasil video yang sudah kita edit tadi
Tidak Menggunakan Mark In / Out
Menggunakan Mark In / Out
Nah sudah bisa membandingkan? oke foto yg pertama, saya tidak menggunakan Mark in dan out, langsung saja meimport ke timeline editing tanpa harus memilah video. Dan gambar kedua, saya melakukan penandaan mark in dan out yang akan saya import ke timeline editing, disini kita bisa lihat, panjangnya durasi sangat berbeda. Artinya kita meminim atau mempersingkat video yang ingin kita import ke timeline editing.
3. Drag Only Video / Audio
Drag Only Video dan Audio saya gunakan saat saya ingin mengimport salah satu ke dalam timeline sequence editing saya. Dan disini kita bisa meimport sesuai keinginan masing masing, misalnya saya maunya cuman Video, yaudah saya lakukan cuman Drag and Drop gambar Video ke Timeline editing. Contohnya ada di bawah ini.
 Contoh Drag And Drop Audio
Dari gambar di atas, kita bisa melakukan import ke timeline editing kita dengan sesuka kita, mau cuman butuh video, ya import videonya saja, kalok mau import audio ya ambil audionya saja.
4.Insert & Overwrite
Insert dan Overwrite ini sama hal layaknya seperti mengimport video atau audio, tetapi dia mempunyai titik dan penempatan yang berbeda saat mengimport sebuah file. Contohnya kita harus menempatan rule atau penggaris biru yang ada di Timeline Editing video kita ,

Insert

Saat kita menggunakan sebuah insert, dan saya tentuin rule bluenya tepat di tengah file dan saya klik tools Insert akan terjadi pemotongan di sebuah video. Akan tetapi video yang di potong bagian belakang masih utuh, hanya saja seperti jump cut gitu.

Overwrite

Dan Saat saya melakukan Overwrite yang di lakukan clip sebelumnya yg ada malah jadi hilang, atau di timpa dengan klik yang baru. Masing-masing tools mempunyai perbedaan saat melakukan import file.
5. Export Frame / Screenshot
Export Frame atau bisa disebut juga alat screenshot ini biasanya saya gunakan saat ingin melakukan sebuah Color Grading di Photoshop dan Menjadikan Sebuah LUT.
Dan caranya sangatlah mudah. Tentukan dulu Bagian frame mana yang ingin kalian export, setelah itu klik toolsnya, dan teman-teman akan menetapkan file itu untuk di simpan dimana.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.