Membuat Animasi Masking Sederhana

1
720

Assalamu’alaikum teman – teman, ketemu lagi nih dengan saya, hehe siapa yaa?? Enggak terkenal juga ya sok dikenal  hahaha…

Mmmm…. btw kali ini aku akan sharing tentang adobe Flash lagi nih, jangan pernah bosen yak, walaupun emang bosen, hehehe.. pokoknya pantengin terus yak.  Dan materi kali ini baru aku pelajari loh, beneran baru aja aku belajar dari youtube gitu tu, dari anak Universitas Negeri Semarang, namanya kak annisa kalau gak salah, bukan annisa anak PUCC yg itu ya, hehe..  makasih ya kak ilmunya, wkwkwk….. enggak semua mirip kok, ada penambahan model gtu, wkwkwkw.. dan kenapa aku pakai materi ini, padahalkan baru aja dipelajari? lah karena biar nempel aja gitu biar lengket ingatannya, hehe iya ingatan, ingatan aku ke kamu hahahaha… aku aslinya enggak suka gombal kok, nih basa basi aja, biar gak garing gituh, mwehehe.

Dan langsung aja ya, First time kita buka dulu document baru pada Adobe Flashnya, aku pakai flash versi 8 (versi lama)…. kayak gini nih

Background layer saya ganti warna hitam, dan ukurannya aku buat seperti gambar ini ya..550 x 400 pixel

Karena sebelumnya layer masih satu, maka kita tambahin layer dengan mengklik creat layer ya, maka jadi dua seperti ini dan buatlah teks “huruf”

Lalu buatlah teks di layer, contoh UNIVERSITAS POTENSI UTAMA dengan menggunakan teks tool pada tool bar, nah seperti ini

Lalu pada layer satu ubahlah dengan teks background, dan tambahkan layer lagi dengan nama masking, lalu buatlah objek lingkaran menggunakan oval tool pada tool bar yang ada di sebelah kiri, warna objek lingkaran buat warna putih ya, letak sebelah kiri teks

Lalu klik insert frame pada layer masking ke form 15, begitu juga dengan layer bg dan huruf..lalu gerakkan lingkaran ke kanan seperti ini

Baru klik pada layer mask, klik kanan dan klik mask

Nah selesai deh, mainkan movie dengan tekan keyboard ctrl + enter, Selamat mencoba, semoga berhasil ya..

mohon maaf jika dari penjelasanku kurang jelas ya, Thanks for reading gaes!!

Wassalamu’alaikum….

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.