Memahami Jaringan Private pada Komunikasi Data

0
135

                        Meskipun berfungsi sebagai sistem komunikasi tunggal, Internet terdiri dari bagian-bagian yang dimiliki dan dioperasikan oleh individu atau organisasi. Untuk membantu memperjelas  kepemilikikan dan tujuan, industri jaringan menggunakan istilah jaringan private dan jaringan publik. Di sini saya akan sedikit menjelaskan mengenai salah satu dari istilah tersebut yaitu, Jaringan Private. Let’s read now!

                        Sebuah jaringan dikatakan Private jika penggunaan jaringan dibatasi untuk satu kelompok. Sebuah jaringan private dapat mencakup sirkuit yang disewa dari penyedia jasa. Dan biasanya jaringan private ini lebih cocok untuk melayani konsumen perorangan, kantor kecil-menengah, atau perusahaan besar.

                        Nah, jika sebuah organisasi ingin membangun jaringan komputer dan tidak membutuhkan terkoneksi pada jaringan internet, ada 3 pilihan untuk pembuatan alamat-alamat IP-nya, yaitu :

  1. Dapat menggunakan sebuah alamat yang unique tanpa menghubungkan ke internet.
  • Namun, akan sangat mengutungkan apabila di kemudian hari berniat untuk menghubungkan jaringan private-nya ke internet tidak akan timbul masalah lagi.
  • Namun, nampaknya untuk kelas A dan B sudah tidak memungkinkan lagi karena sudah dimiliki oleh organisasi yang terhibung ke internet.
  1. Juga bisa menggunakan sembarang alamat IP dari kelas A, B dan C. Namun, akan sangat menyulitkan apabila organisasi tersebut berniat terhubung ke internet.
  2. Pilihan 1 dan 2 masih memiliki masalah maka otoritas pencatatan alamat internet telah mencadangkan range alamat-alamat tertentu dari kelas A, B dan C, yang bisa digunakan oleh organisasi manapun sebagai jaringan private. Tentu saja, di dalam internet, alamat khusus ini tidak akan dikenal dan diabaikan. Singkat kata, alamat ini adalah unique bagi jaringan lokalnya, namun tidak unique bagi jaringan global.

Tabel : Alamat yang Dicadangkan untuk Jaringan Private

Kelas

Alamat Net id

Total

A

10.0.0 1

B

172.16 sampai 172.31 16

C

192.68.0 sampai 192.68.255 256

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.