LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT KIPAS DI MACROMEDIA FLASH

0
184
  • Disini saya akan membuat sebuah kipas angin dengan media flash
  • Untuk membuatnya, buka macromedia flash → pada general → pilih flash document → ok.
  • Pilih view → grid → show grid, maka kertas akan berubah menjadi kotak-kotak seperti dibawah.

  • Pilih oval tool → tarik kekertas sampai membentuk lingkaran seperti ini
  • Pilih tanda panah pada rectangle tool polystar tool → tarik kekertas sehingga membentuk seperti ini

Untuk mengganti bentuknya pilih free transporm tool → blok gambar yang mau diubah.

  • Buat 2 / 3 polystar tool lagi, caranya sama seperti diatas. Sampai membentuk seperti ini

  • Disini kita bisa mengubah warna objeknya dengan ngembok objek → pilih full color pada bagian bawah.
  • Blok gambar yang telah dibuat dengan free transporm toolCTRL+Gf8, maka akan muncul table Convert To Symbol, ganti namenya menjadi “kipas”, typenya menjadi “move clip”, dan registration dibuat menjadi ditengah, seperti ini

  • Lalu OK
  • Pada propertis yang berada dibawah, di instance namenya buat namanya “kipas_mc”.
  • Langkah selanjutnya saya akan mendesain kerangkanya dengan oval tool, line tool dan pilih rectangle tool dan masukkan juga text “off” dengan text tool. Sehingga menjadi seperti ini

  • Kemudian blok kotak beserta tulisan off nya → klik modif convert to symbol

  • Pada panel yang muncul convert to symbol, maka isi kolom name dengan “onoff”, pada kolom type ganti menjadi “movie clip” dan pada registration buat ditengah-tengah lalu ok.

  • Setelah itu kita isi di panel propertis, isi instance name menjadi “onoff_mc”.

  • Klik 2 kali pada tombol “off” tambahkan frame dengan mengklik kanan pada frame 2 → insert keyframe.
  • Pada frame ke-2 tulisan “off” diganti menjadi angka “1”.
  • Pada frame ke-3 tulisan “1” →insert keyframe lalu ganti menjadi angka “2”.
  • Ulangi langkah tersebut sampai frame ke-4 → diganti angkanya menjadi “3
  • Kembali keframe 1 dengan menekan f9 untuk menampilkan Pada panel action tuliskan stop();
  • Kembali klik frame 2, tekan tombol f9 dan panel Actions tulisakan stop();
  • Ulangi langkahnya seperti yang tadi sampai frame 4.
  • blok tombol “on” modif → conver to symbol. Pada kolom name buat namany “on” → ok. Lalu pada bagian propertis buatn namanya menjadi “on_mc
  • Klik scene1, untuk kembali keframe awal atau CTRL+.
  • Blok layer kipas → tekan f9, masukkankoding seperti ini.
  • angka = 0;

    kipas_mc.onEnterFrame = function() {

    this._rotation += angka;

    if (onoff1_mc._currentframe == 2) {

    angka = 10;

    }

    else if(onoff1_mc._currentframe == 3){

    angka = 25;

    }

    else if(onoff1_mc._currentframe == 4){

    angka = 40;

    }

    else if(onoff1_mc._currentframe == 5){

    angka = 0;

    }

    else if (angka>0) {

    angka -= 0.5;

    }

    };

    onoff1_mc.onRelease = function() {

    if (this._currentframe == 1) {

    this.gotoAndStop(2);

    }

    else if (this._currentframe == 2) {

    this.gotoAndStop(3);

    }

    else if (this._currentframe == 3) {

    this.gotoAndStop(4);

    }

    else if (this._currentframe == 4) {

    this.gotoAndStop(5);

    }

    else {

    this.gotoAndStop(1);

    }

    };

  • Setelah selesai jalankan → CTLN + ENTER untuk melihat hasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.