Hacker ? Siapa Mereka ?

0
174
Hacker
Hacker

Assalamualaikum Wr.Wb
Apa kabar readers PUCC ?? Semoga baik baik aja ya.
Kali ini ane mau post tentang Hacker. Wow hacker, Mungkin kita sering mendengar kata yang satu ini, baik di tv maupun di dunia internet. Tapi, apakah kalian tahu siapa dia ? dan apa yang dia lakukan ?
Yuk simak apa itu hacker, dan kerjaan nya ngapain aja.

Hacker ?

Hacker atau peretas adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan (Kata Wikipedia). Menurut ane sih hacker itu orang yang memiliki ilmu pengetahun tentang sistem komputer yang tinggi, yang mempunyai minat mencari kelemahan suatu sistem yang telah dianalisa dan dipenetrasi terlebih dahulu. Kegiatan atau Pekerjaan mereka disebut Hacking atau Penetration Testing (PenTesting).

Jenis Jenis Hacker

Kalau Menurut ane sih, Hacker itu terbagi atas dua jenis, yaitu :

  1. White Hat (Topi Putih) , adalah seorang hacker yang memiliki tujuan untuk melindungi sebuah sistem, mem-‘patch’ sebuah bug yang dapat dirusak oleh hacker lain. Mereka melakukan Pentesting biasanya sudah memiliki izin dari developer program tersebut, namun ada juga yang melakukan pentesting dan melakukan patching tanpa izin, namun mereka tidak mengambil atau mencuri data tersebut, karena mereka menjunjung tinggi kode etik Hacker (Ethical of Hacker, mereka juga mempunyai ‘gelar’ kode etik hacker, yang disebut CEH [Certified Ethical Hacker]) .Bisa dibilang whitehat ini disebut Hacker baik.
  2. Black Hat (Topi Hitam), adalah seorang hacker yang memiliki tujuan yang bertentangan dengan white hat, yaitu memiliki tujuan untuk merusak, mencuri data demi keuntungan pribadi atau kelompok. Nah biasanya black hat ini menerobos suatu sistem komputer, program aplikasi tanpa izin lalu mencari dan mengambil data yang ada didalam program / aplikasi tersebut lalu menjual nya, seperti melakukan kegiatan carding (mencuri kartu kredit orang lain tanpa izin), dan sebagainya.

Nah, menurut saya Blackhat ini ‘pantas’ dibagi lagi karena banyak sekali teknik mereka, dan beberapa orang lebih spesifik menyebut nya sesuai dengan teknik atau cara yang mereka lakukan, berikut beberapa sebutan lain dari blackhat :

  1. Cracker, dalam bahasa indonesia cracker berarti retak / patah / kerusakan, jadi cracker adalah seseorang yang mampu atau dapat membuat aplikasi tersebut patah / rusak, sehingga ia dapat mengubah bahkan mengkode ulang program tersebut sehingga data data sensitif dapat menjadi milik dia.
  2. Defacer, dalam bahasa indonesia, de face berarti mencoret, bisa dikatakan juga mengubah, ya defacer adalah orang yang merubah / mengganti sebuah halaman situs yang berisi dengan kata kata “Hacked By blabla” dengan maksud tujuan menyebarkan pesan-pesan tertentu seperti ideologi, agama, politik dll, namun ada juga yang bertujuan agar menjadi terkenal. Beberapa yang Defacer terkenal seperti Team Madleets yang sekitar tahun 2014 (flashback deh) berhasil mengubah halaman milik Google Indonesia dengan metode DNS Hijacking . Di Indonesia sendiri mempunyai seorang defacer yang namanya sudah terkenal bahkan hingga dunia. ya, dia adalah Hmei7.
  3. Carder / Scammer / Frauder, memiliki hubungan dengan kata card, ya carder adalah orang yang mencuri kartu kredit orang lain tanpa seizin nya untuk dijual , atau bahkan digunakan sendiri. Biasanya Carder ini melakukan aksinya dengan teknik phising, scamming, dan lain-lain.
  4. Phreaker, ya mungkin julukan ini jarang terdengar di kalangan umum, phreaker sama seperti cracker, yang menyukai hal hal yang berbau gratis, namun bedanya phreaker lebih ke arah jaringan / telekomunikasi. Seperti mereka dapat melakukan telepon dan internet gratis.
  5. Virus Maker, hmm menurut saya ini juga ‘pantas’ masuk kedalam julukan blackhat yang lain nya, ya sesuai namanya, viruz maker merupakan pencipta dari virus virus dalam komputer yang ada didunia. Biasa nya mereka membuat virus lalu menyebarkan nya agar mendapat uang tebusan. Beberapa Jenis virus yaitu trojan,worm dll.

Tingkatan Hacker

Ternyata, selain memiliki jenis, hacker juga memiliki tingkata, berikut tingkatan dalam hacker :

    1. Elite / Professional / Haxor / Leet / Master

Mereka juga dikenal dengan sebutan hax0r,l33t, 3l33t, 3l337, 31337, leet, 1337 atau kombinasi dari kata kata haxor dan leet. Mereka memahami dengan baik sistem operasi sisi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi dan menyambungkan jaringan secara global. Sanggup melakukan pemrograman setiap harinya. Mereka seperti siluman yang dapat memasuki sistem tanpa terdeteksi, walaupun mereka tidak akan menghancurkan data-data yang ditemui. Karena mereka selalu mengikuti peraturan yang ada. (By Wiki Pedia). Mereka juga mampu membuat tools tools yang berguna untuk membantu mencari celah keamanan dalam sebuah aplikasi. Mungkin beberapa Hacker yang masuk dalam kategori Professional seperti Edward Snowden, Jim Geografi eh Geovedi, Kevin Mitnick yang sudah tobat, dan hacker lain nya.

2. Script Kiddie , merupakan orang / perkelompok yang telah memiliki sedikit ilmu pengetahuan didalam dunia hacking, mereka masih menggunakan tools tools yang telah dibuat oleh Elit / Proffesional Hacker.

3. Lamer / NOOB / Newbie / Wannabe Hacker , nah sudah dipastikan , kelompok yang satu ini adalah orang / sekelompok orang yang tidak mengerti apa apa tentang hacking, namun dia sangat ingin menjadi seorang hacker. Biasanya mereka terinsiprasi dari film-film mengenai hacking (sebenarnya korban film). Ciri khas dari mereka adalah dengan memakai topeng Guys Fawkes lalu membuka Command Prompt, mengetik “ping 8.8.8.8 -t” , lalu memposting nya di media sosial dengan caption “Gue Hacker, jangan macam macam lo, gw hack nanti fb lo”, mereka juga mengklaim diri mereke seperti Hacktivist Anonymous dan hal yang paling patut dicontoh dan dibanggakan adalah mereka mempunyai semangat cyber war yang paling besar, seperti insiden Bendera Indonesia Terbalik, dengan modal topeng, Command Prompt dan seperangkat aplikasi DDOS (seperti LOIC, etc), mereka berani mengajak Negara Lain untuk melakukan Cyber War ( Perang Cyber ).

Setelah membaca pengertian diatas, ternyata hacker itu gak semua nya jahat. Jadi jangan salah sebut lagi dan menganggap bahwa semua hacker itu jahat. Ternyata kita harus hati hati juga dalam menjaga privasi kita didalam dunia internet ini. Dan yang paling penting, jika kita sudah mengerti tentang hacking, lebih baik ilmu tersebut digunakan untuk yang lebih berguna ^_^, berfikirlah sebelum merusak punya orang lain, apalagi zaman sekarang udah ada UU ITE.

“Hacking to Learn, Not Learn to Hacking”

^_^

Sumber :
WikiPedia
Google.com
Google Indonesia Diretas Hacker

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here