Fakta unik seorang programmer dan Beberapa kesalahpahaman yang tidak benar tentang seorang programmer

0
420

Fakta unik tentang seorang programmer

Ada fakta unik mengenai programmer secara tingkah laku dan kebiasaannya. Kehidupan programmer tidak terlepas dari keyboard, layar komputer, bahasa pemrograman dan suasana hening ada juga yang menganggap kehidupan programmer hanya berada di depan komputer saja tapi dibalik itu ada sisi lain dari programmer yang menjadi nilai lebih untuk dipertunjukkan.

Programmer adalah orang yang mampu membuat atau merancang program/Software dan dapat menjalankan perangkat keras/hardware. Meski hobi tapi tak sedikit orang yang menjadikannya sebagai pekerjaan dan bahkan menggantungkan hidupnya pada profesi ini.

Ada beberapa alasan yang menjadi fakta kenapa programmer orang yang sangat baik :

1. Programmer itu rela berkorban
Seorang programmer terbiasa mengerjakan pekerjaannya hingga larut malam atau begadang .jadi jika kamu punya pacar seorang programmer dia akan sama berkorbannya demi kamu.

2. Programmer adalah Penemu solusi
Dalam pekerjaannya programmer harus mendengarkan semua system dan masalah yang ada di client. Dan akhirnya sudah dipastikan dia harus punya solusi. Nah dengan ini sangat besar kemungkinan bila  jadi pacar kamu dia akan cepat sekali menyelseiakan segala hal rintangan dalam hubungan kalian.

3. Programmer adalah pendengar yang baik
Coba deh bila ada operator yang nelpon , “Mas …Mas ini kenapa ya ko programnya ga jalan ? padahal kemaren jalan, Padahal saya ga gimana-gimanin mungkin pegawai yang sebelum saya nginstall yang aneh 2“…. bla…bla seterusnya. Doi harus bisa dengerin dan pahamin, komentar dikit dan memberi solusi kadang menghibur si operator itu. Begitulah bila doi jadi pacar kamu semua curhatan kamu pasti di dengerin sampai abis walaupun sampai kuping doi panas.

4. Programmer mempunyai sentuhan yang Mesra
Tiap hari jari-jari itu tangannya terlatih mengetik dengan kecepatan tinggi

Berikut adalah beberapa kesalahpahaman yang tidak benar tentang seorang programmer:

1.    Dapat Menguasai Matematika Untuk Belajar Bahasa Pemrograman

Banyak orang yang bingung dan bertanya tentang hubungan antara matematika dan pemrograman. Pada kenyataannya, menjadi seorang programmer tidak selalu mengacu pada mengerti atau tidaknya Ia dalam bidang matematika.

Sebagai seorang programmer, akan menghabiskan banyak waktu untuk menulis kode, bukan rumus matematika, dan pengetahuan Anda dalam matematika tidak berbanding lurus dengan keterampilan pemrograman.

Tapi jangan salah, Anda juga masih perlu memahami Aljabar dasar. Selain itu, ada perpustakaan dan plugin yang dapat diterapkan langsung ke dalam kode untuk membantu memecahkan masalah matematika dan algoritma. Namun, apabila Anda membuat suatu aplikasi yang memerlukan perhitungan matematis atau fisika, tentunya perlu menguasai beberapa teori matematika.

2.    Harus Genius

Hal satu ini sebenarnya tidak jadi masalah, menjadi seorang programmer tidak terkait dengan faktor biologis, tapi lebih mengacu kepada minat. Jangan takut untuk gagal berulang kali, dan belajarlah dari kesalahan, yang pada dasarnya adalah cara bagaimana seorang programmer belajar.

Siapa pun yang tahu cara berkomunikasi, bisa belajar pemrograman. Karena intinya, pemrograman adalah suatu “bahasa” dengan tata bahasa dan kosa kata tertentu dan keberadaannya untuk membantu berkomunikasi dengan mesin untuk menyelesaikan tujuan atau tindakan tertentu.

3.    Belajar di Sebuah Universitas Untuk Mempelajari Kode Pemrograman

Banyak yang mengatakan bahwa untuk memaksimalkan “coding”, Anda harus belajar di sebuah Universitas dan memiliki master sejati untuk memandu jalan menjadi seorang programmer. Tapi berkat adanya internet, Anda dapat belajar secara mandiri untuk menjadi programmer dengan tidak adanya keterlibatan dari dosen universitas.

Tapi juga tidak ada salahnya jika Anda belajar di perguruan tinggi. Adanya seorang dosen dapat mempercepat pemahaman tentang teori dan konsep-konsep seperti Object Oriented Programming, dan ada beberapa keuntungan penting lainnya yang dapat diperhitungkan juga.

4.    Hanya Orang Dewasa Yang Dapat Belajar Bahasa Pemrograman

Siapa bilang hanya orang dewasa yang bisa menjadi programmer? Faktanya, banyak anak usia dini sudah menjadi developer handal. Jangan gunakan usia anak sebagai pencegah untuk belajar bahasa pemrograman. Siapa pun bisa mempelajari hal ini, orang tua juga dapat berperan untuk membantu membimbing anak-anak mereka dengan penjelasan serta dukungan.

5.    Hanya Belajar Bahasa Pemrograman Terbaik

Apa yang Anda pikirkan tentang bahasa pemrograman “terbaik”? Mungkin itu sedikit menyesatkan, karena bahasa pemrograman terbaik adalah bahasa yang sesuai dengan tujuan Anda saat ini. Dengan kata lain, tidak ada bahasa pemrograman terbaik. Itu semua tergantung pada kebutuhan Anda untuk membangun sebuah program aplikasi.

6.    Hanya Butuh Waktu Seminggu Untuk Menguasai Bahasa Pemrograman

Ini sangat tidak benar! Banyak yang mencoba untuk belajar programming dengan waktu singkat, bahkan hanya dalam beberapa minggu. Kemudian, mereka menarik diri dan menganggap sebagai “tidak berbakat”, lalu menyerah pada impiannya menjadi programmer.

Sebenarnya, Anda juga dapat menghabiskan waktu seminggu untuk belajar pemrograman, tapi membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menguasainya. Jadi, jangan cepat menyerah!

7.    Menghafal Semua Sintaks & Menghindari Bantuan

Jelas mitos ini salah! Faktanya, Anda tidak perlu khawatir harus menghafal semua sintaks, karena Anda akan menulis kode yang sama untuk ribuan kali dalam membangun atau mengembangkan sebuah aplikasi. Dengan mengadopsi sebuah framework (kerangka kerja) akan membantu memahami apa yang bahasa pemrograman lakukan.

8.    Tidak Dapat Menulis Kode Terlalu Banyak

Mungkin ada diantara Anda yang seketika takut saat pertama kali melihat sumber halaman web, karena akan membuat lebih dari 4000 baris kode saat menjadi programmer. Namun jika diperhatikan, itu hanyalah tumpukan kode yang terdiri dari pernyataan berulang, metode, dan loop.

Programmer kebanyakan menggunakan hal sama yang Anda pelajari. Dan sekali terbiasa, akan merasa bahwa 10.000 baris kode adalah permintaan yang tidak susah alias gampang. Ini bisa Anda lakukan dengan cepat!

Selamat datang di dunia programming!

Anda tidak perlu khawatir lagi dengan mitos tentang dunia programming yang sudah dikupas tuntas dalam pembahasan kali ini. Karena dunia pemrograman seperti industri lainnya, di mana kerja keras dan tekad dibutuhkan untuk meraih sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.