DracOs Linux, Distro Pentest dari Indonesia

0
43
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

DracOs Linux ? Apa itu ?

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui tentang informasi dari sistem operasi yang satu ini. Ya, DracOs Linux merupakan salah satu distro / sistem operasi Linux yang berasal dari Indonesia yang bersifat open source yang dibangun dari Linux From Scratch (dibangun dari awal / dari nol) dibawah perlindungan GNU General Public License v3.0. Distro ini dibuat oleh DracOs Developer Team yang diketuai oleh Zico Ekel yang lebih dikenal sebagai Founder dari Indonesian Backtrack Team (IBTeam).

Distro ini merupakan salah satu jenis distro linux yang digunakan sebagai pengujian security (penetration testing). Ya seperti distro pentest linux pada umumnya, DracOs Linux sudah dibekali dengan ratusan tools tools yang sangat membantu dalam uji penetrasi, forensic , dan juga reversing engineering.

Apa saja perbedaan dari DracOs Linux dibandingkan dengan distro lain ?

  1. DracOs Linux dibangun / dibuat dari Linux From Scratch (LFS), ya mungkin ini kelebihan pertama DracOs dibanding dengan distro lain, Base System dibuat sendiri oleh developer nya, tidak seperti distro lain yang pada umumnya, yang terbuat dari hasil Remastering / Turunan distro yang sudah ada
  2. Tujuan dibuatnya DracOs, ya menurut leader team DracOs, DracOs sendiri lebih mengedepankan edukasi untuk mempelajari Linux, seperti yang kita ketahui khususnya di Indonesia, penggunaan Linux sangat sedikit, karena kebanyakan user ‘akan takut’ jika mendengar kata Linux, Karena akan berfikir bahwa Linux itu ribet, susah , serba terminal, dengan adanya DracOs ini, user diharapkan mengerti tentang linux seperti “penggunaan CLI, proses pemasangan sebuah pemaketan dari tarbal, mengerti depend, mengapa membutuhkan depend tersebut, mengerti dasar linux bukan hanya sekedar pemakai OS penetration testing semata. DracOs juga mengajarkan reverse engineering sehingga pengguna terbiasa bongkar pasang OS dan mengetahui apa yang dia pasang secara detail sehingga terhindar dari penyisipan-penyisipan malware. Sedangkan Os lainnya lebih ke penetration test.” (dikutip dari Developers DracOs Team)
  3. DracOs Linux adalah buatan bangsa, buatan INDONESIA

DracOs Linux sendiri saat ini sudah sampai pada versi v3.0 (Beta) dengan codename ‘Kuntilanak’, ya seperti pada umumnya , sebuah distro pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, mungkin menurut saya, kekurangan distro ini adalah tidak ada nya DE (Desktop Environment) yang terinstall di os ini, ya semua serba CLI mungkin user yang tidak terbiasa tanpa desktop environtment akan susah, namun itulah tujuan utama dibuatnya DracOs Linux ini.

Tertarik menggunakan DracOs ? kalian bisa mendapatkan DracOs disitus

resminya  : https://dracos-linux.org/downloads.php

ya semoga saja Distro Linux khususnya di Indonesia semakin diminati baik di lokal, maupun hingga mancanegara. Go Linux Indonesia, Go OpenSource!

“Kami sadar bahwa buatan indo selalu di remehkan tapi tim kami akan buktikan bahwa OS ini akan go internasional suatu saat .. perlahan tapi pasti .”
-DracOs Developer Team

Sekian ^_^

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Tinggalkan Balasan