Cara Mudah Install Framework Laravel

0
65

Hallo teman-teman semuanya kembali lagi di blog UPUCC(Universitas Potensi Utama Computer Club) bersama saya Richard Nainggolan, pada tulisan kali ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana cara instal Framework Laravel.

Laravel adalah salah satu framework PHP yang sangat banyak digunakan Developer dalam membangun web yang canggih dengan menyederhanakan tugas-tugas umum seperti Caching, Security, Routing dan Authentication. Laravel dibuat oleh Taylor Otwell, dan pada tahun 2020 framework laravel  mendapatkan posisi nomor 1 sebagai framework PHP yang terbaik (sumber : https://dev.to).

Framework laravel sendiri menggunakan konsep MVC(Model, View, Controller) :

  • Model merupakan bagian yang bertugas untuk mengatur, menyiapkan, memanipulasi dan mengorganisir data. Singkatnya model biasanya yang berurusan dengan database.

  • View merupakan bagian yang mengatur antar muka ke pengguna. Bisa dikatakan berupa halaman web. 
  • Controller merupakan bagian yang menjembatani model dan view. Fungsinya untuk memproses suatu data dan mengirimkannya ke halaman web.

Sebelum melakukan instalasi framework laravel, pastikan teman-teman sudah menginstal beberapa aplikasi pendukung proses instalasi laravel yaitu Aplikasi Xampp (download ) dan Composer (download).

Jika sudah menginstal Aplikasi Xampp dan Composer, teman-teman bisa memulai proses instalasi Laravelnya

Pertama yang teman-teman lakukan adalah buka command prompt (jika menggunakan sistem operasi windows) atau Terminal (jika menggunakan mac os) masuk ke direktori C:xampp\htdocs, Ketikkan :
“cd c:\xampp\htdocs” (os windows)
“cd /Applications/XAMPP/xamppfiles/htdocs/” (mac os)

Kedua ketikkan perintah berikut untuk menginstal laravel
“composer create-project –prefer-dist laravel/laravel belajar_laravel”

Tekan enter untuk mengeksekusi perintah yang diberikan

  • create project merupakan perintah untuk membuat project baru.
  • –prefer dist merupakan perintah untuk mendownload laravel versi yang terbaru.
  • laravelupucc merupakan nama project laravel, silahkan sesuaikan dengan nama project yang akan teman-teman buat.

Proses instal laravel sedang berjalan, silahkan teman-teman tunggu sampai selesai ^_^

Selanjutnya untuk menjalankan project laravelnya, silahkan masuk ke directori laravelupucc (silahkan sesuaikan dengan nama project yang teman-teman buat) ketik perintah “cd laravelupucc” tekan enter untuk eksekusi perintah tersebut, dan ketik “php artisan serve” lalu tekan enter.

Sekarang buka browser boleh menggunakan chrome, firefox, safari atau browser yang lainnya dan ketikkan http://localhost:8000/ atau 127.0.0.1:8000, berikut hasilnya

Sekian tutorial cara mudah instal framework laravel, silahkan tinggalkan komentar pada tulisan ini bila ingin bertanya atau memberi masukan. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk teman-teman yang membaca, sampai bertemu di tulisan berikutnya. Terima Kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.