Cara Menghubungkan 2 Komputer/Laptop Menggunakan Kabel LAN

0
335

Assalamualaikum wr wb

      Nama Saya Yuri Sandika Putra dari divisi netsec,pada kesempatan kali ini saya ingin sharing ilmu mengenai Cara Menghubungkan 2 komputer/laptop menggunakan kabel LAN, bagi abang2 yang ingin menghubungkan dua buah komputer agar dapat saling terhubung, dan berkomunikasi baik itu untuk tujuan bertukar data, file sharing, berbagi koneksi internet, sharing aplikasi, game, sharing printer dan lainnya maka cara paling mudah adalah dengan mengnggunakan kabel UTP atau biasa kita sebut dengan kabel LAN.Materi ini sebenarnya sudah pernah di bahas saat pertemuan sharing ilmu beberapa saat yg lalu,tapi tidak ada salahnya saya buat artikelnya agar yg lain dapat mengetahuinya.

        Baiklah kita langsung saja memulai bagaimana caranya , Cekidot :

  1. Yang pertama yang harus abg2 dan kakak2 lakukan adalah Hubungkan kedua laptop menggunakan kabel seperti skema gambar berikut. Kita asumsikan laptop A sebelah kiri dan laptop B sebelah kanan. Hasil gambar untuk peer to peer
  2. Setelah koneksi fisik kita lakukan, langkah selanjutnya adalah menyetel IP Address di masing-masing laptop. Set IP Address di laptop A dengan cara klik ikon koneksi di tray icon seperti pada gambar berikut.

3. Lalu Klik Local Area Connection

4.Lalu Klik Properties

5.Klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IP)

6.Klik Properties seperti pada gambar berikut

7.Pilih Use the following IP address

8.Isikan IP Address-nya, contoh 192.168.0.1

9.Klik OK

10.Sekarang kita juga harus setting IP Address di laptop B, caranya sama dari nomor 2-9. Pada langkah ke-9 IP address-nya samakan saja dengan laptop A karena 1 host dan hanya berubah pada indeks IP-nya.

11.Jadi untuk laptop B abg2 bisa mengisi pada IP address: 192.168.0.2

12.klik OK

         Setelah menyetel IP address pada masing-masing laptop seperti semua langkah di atas, kita dapat memastikan bahwa kedua laptop tadi dapat saling berkomunikasi. Periksa koneksi antar laptop tadi dengan melakukan ping seperti cara berikut.

1.Matikan dulu firewall kedua laptop (masuk Control Panel → Windows Firewall → Turn off Windows Firewall).

2.Ping dari laptop A ke laptop B: tekan tombol Start → ketik cmd → Enter → tampil jendela Command Prompt warna hitam → ketik ping 192.168.0.2 → Enter → harus ada jawaban dari laptop B

3.Lakukan juga ping dari laptop B ke laptop A dengan cara di atas, hanya saja perintah pada Command Prompt: ping 192.168.0.1

     Baiklah abang-abang sepertinya materi yang saya bagikan pada kesempatan kali ini sudah selesai,semoga bermanfaat bagi abg2 dan kakak2 semua,Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.