CARA MEMBUAT NASKAH FILM BAGI PEMULA

0
162

CARA MEMBUAT NASKAH FILM BAGI PEMULA

 

Baik temen-temen, disini kita akan membahas bagaimana sih cara membuat naskah film pendek, dan apa saja sih yang harus kita pahami dalam membuat naskah?. Temen-temen juga terkadang bingungkan mau membuat naskah film pendek tapi tidak tau harus dimulai dari apa  dahulu. Dalam bahasa perfilman, naskah biasa disebut sebagai Script atau Screenplay. Naskah itu sendiri biasa diangkat dari kisah nyata berupa (sejarah, kehidupan sosial dan semacamnya), ada yang diangkat dari novel, komik, game, dan sebagaiannya.

 

Berikut beberapa hal yang perlu kita ketahui sebelum kita membuat naskah fillm pendek,  agar kita bisa membuatnya mari langsung saja kita mempraktekkannya.

 

  1. Ide cerita

Cerita tidak akan tercipta sebelum kita memiliki ide untuk membuat cerita. Ketika kita sudah memiliki ide cerita  maka tuangkanlah imajinasi kita disebuah tulisan. Contoh ide cerita misalnya tentang lelaki yang ingin berjumpa dengan calon istrinya lewat jalan ta’aruf, tetapi setelah mereka bertemu tenyata mereka dulu adalah sepasang kekasih.

 

  1. Merumuskan naskah

Dalam langkah yang kedua ini,kita harus membuat kerangka dari ide cerita yang sudah kita dapatkan. Kerangka nantinya akan membantu kita untuk memetakan jalan cerita agar cerita kita tidak ‘berantakan’.

 

  1. Menyusun Plot

Penyusunan plot yang merupakan alur cerita sangat diperlukan dalam menulis naskah film pendek. Struktur plot pada umunya terdiri dari 3 (tiga) babak yaitu:

  1. Set up atau awal konflik
  2. Confrontation atau komplikasi masalah
  3. Resolution atau penyelesaian masalah.

 

  1. Setting dan Penokohan

Menentukan setting dalam sebuah film harus kita lakukan secara detail, agar mempermudahkan kita dalam proses syuting. Begitu juga dalam penokohon, jelaskan secara rinci setiap karekter tokoh yang ada dalam cerita kita.

 

  1. Saran

Sangat penting bagi kita untuk menentukan segmentasi dari film yang akan kita buat. Apakah film yang kita buat ditujukan untuk anak-anak, remaja, dewasa atau keluarga.

 

  1. Pesan

Film terbaik adalah film yang didalamnya  memberikan pesan moral yang baik, bagi yang menontonnya. Jadi alangkah baiknya kita dalam pembuatan naskah film pendek harus disertai dengan sebuah pesan moral.

 

 

 

Nah setelah kita sudah melalui 6 (enam) tahapan diatas, kita juga harus memperhatikan bagian-bagian yang ada didalam naskah sebuah film. Suatu naskah film terdiri dari  6 (enam) bagian yaitu:

  1. Title page, adalah judul yang akan dijadikan pedoman pertama produser untuk menilai apakah pembuat naskah itu seorang profesional atau hanya sekedarnya saja dalam membuat naskah.
  2. Scene heading, merupakan sebuah petunjuk dimulainya naskah. Kata yang digunakan yaitu “EXT.-“ (cerita berlangsung diluar ruangan) dan “INT.-“ (cerita berlangsung didalam ruangan). Setelah itu diikuti nama sebuah tempat yang harus ditulis dengan huruf kapital.
  3. Action, adalah gambaran yang menceritakan apapun yang akan terlihat didalam adegan film dan selalu pada keadaan sekarang (Present Time).
  4. Dialogue, merupakan segala sesuatu yang dibicarakan oleh tokoh atau karekter .
  5. Parenthetical, adalah keterangan segala sesuatu yang diperankan oleh para tokoh atau karekter.
  6. Transition, merupakan deskripsi pendek untuk menjelaskan bahwa cerita berpindah dari scene ke scene lain. Diantaranya yaitu:
  7. CUT TO
  8. DISSOLVE TO
  9. INTERCUT WITH atau INTERCUT BETWEEN. Sedangkan dalam akhir cerita cerita biasanya FADE OUT, IRIS OUT dan sebagainnya.

 

Bagaimana tidak terlalu sulitkan bukan  untuk kita membuat naskah film pendek?  Nah sebagai latihannya coba kita menulis ide cerita yang menarik dan kita tuliskan di sebuah kertas sepanjang 1 halaman saja.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.