Cara memasukkan Preset di lightroom

0
470

Lightroom adalah aplikasi perangkat lunak yang dibuat oleh Adobe yang memungkinkan para fotografer untuk mengelola gambar dan video , serta memberikan cara yang elegan untuk mengedit serta menciptakan nuansa Photographs jadi indah dan juga sedikit hal dalam mengolah video.
Lightroom ada dan dibuat karena untuk memecahkan masalah yang sangat mendasar , yaitu memberikan solusi pencitraan warna untuk Fotografer, dengan mendukung alur kerja alami dari awal sampai akhir ,tentu saja dengan memberikan keanggunan dan kesederhanaan .



Sisi lain dari pengolah photo ini adalah mendukung semua jenis file RAW , serta tidak merusak gambar dan menyediakan cara untuk menjadi kreatif dan kemampuan untuk membuat gambar yang indah .
Lightroom dirancang dengan cara ini ,menjawab segala kebutuhan fotographer dan termasuk para videographer.

­­­­­1. Masuk ke tab Develop Lightroom

Mari kita asumsikan bahwa kamu sudah memiliki foto di katalog yang siap diedit dan juga file Preset yang siap untuk diinstal.

Silakan klik pada tab Develop yang biasanya dipakai saat akan mengedit.

2. Scroll hingga muncul pilihan User Presets

Pada bagian presets tadi, scroll ke bawah kursor yang ada hingga nanti muncul pilihan User Presets seperti di gambar di bawah ini.

 

3. Klik kanan pada User Presets hingga muncul pilihan Import

Setelah kita klik kanan pada bagian user presets, kita akan dihadapkan pada dua pilihan yaitu  membuat folder baru untuk presets, ataukah mengimport presets baru.

Silakan pilih import karena kita akan memasukkan preset yang telah kita download atau yang telah kita miliki sebelumnya.

4. Pilih Preset yang ingin diimport

Setelah kita memilih untuk mengimport, nantinya akan muncul window baru untuk memilih file presets.

Silakan masuk ke folder tempat kamu menyimpan file presets yang ingin dimasukkan. Jangan lupa kalau file presets Lightroom itu memiliki ekstensi .lrtemplate.

Pada gambar  menunjukan folder default tempat penyimpanan file presets Lightroom di Windows 7.

Kamu bisa mengaksesnya dengan cara klik kanan pada preset yang diinginkan kemudian pilih show in explorer.

5. Pilih Open lalu file preset akan terinstal dengan sempurna

Setelah file preset yang kamu inginkan tadi terinstal, kamu bisa mengeceknya dengan melihat apakah sudah muncul di deretan User Presets yang tadi.

Jika sudah ada, artinya kamu sudah siap untuk menggunakannya saat mengedit foto-foto keren kamu nantinya, atau kalau kamu rasa kurang kamu bisa mengatur cahaya dan warna di bagian menu di sebelah kanan , disitu kamu bisa mengatur cahaya,warna,dan lain2 , dan ini merupakan kelebihan lightroom dibanding software editing lain, kalo sudah selesai kamu bisa menyimpan foto kamu lalu mengupload nya ke media social atau mau kamu cetak buat hiasan dinding rumah,kamar kamu

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.