Cara Melindungi Komputer Anda Dari Serangan Hacker

0
206

Assalamu’alaikum

Disini saya akan membagi sedikit artikel mengenai cara melindungi komputer dari serangan para hacker.
Nah pada kasus penyerangan hacker ini menjadi topic utama bagi spesialis IT maupun kita yang notabennya adalah sebagai user.
Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu hacker.
Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan bisa membuat atau memodifikasi atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya terutama keamanan.

Biasanya para hacker dibagi menjadi 2 golongan yaitu White Hat Hackers & Black Hat Hackers dimana fungsi dan pekerjaan yang dilakukannya berbeda.

White Hat Hacker adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada Hacker yang secara etis menunjukkan suatu kelemahan dalam sebuah sistem komputer. White Hat secara umum lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana melindungi sebuah sistem, dimana bertentangan dengan Black Hat yang lebih memfokuskan aksinya kepada bagaimana menerobos sistem tersebut.

Black Hat Hacker adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada Hacker yaitu mereka yang menerobos keamanan sistem komputer tanpa ijin, umumnya dengan maksud untuk mengakses komputer-komputer yang terkoneksi ke jaringan tersebut. Istilah cracker diajukan oleh Richard Stallman untuk mengacu kepada hacker dalam arti ini.

Disini saya akan membagikan 10 step cara melindungi computer anda dari serangan hacker.
Mulai!
1. Selalu update windows: jika kamu selalu update windows, maka rentan bagi computer anda untuk terkena serangan hacker.
2. Update software: pastikan bahwa web browser anda selalu terupgrade dengan baik.
3. Software anti virus: segera instal anti virus dan perbarui secara berkala.
4. Software anti spyware
5. Beralih ke macintosh
6. Menghindari website hacker-controlling: seperti website yang mencurigakan (situs game gratis,dll)
7. Firewall
8. Email spam: jika ada sebuah pesan yang mencurigakan janga nsampai anda mengklik email tersebut. Karena bisa saja email tersebut berisi virus computer.
9. Backup data
10. Password yang unik: gunakan password yang unik dan berbeda dalam setiap akun.
Bisa menggunakan kombinasi angka dan huruf, dan yang mudah untuk kamu ingat.

Sekian dari banyak cara untuk melindungi komputer anda dari serangan hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab.
by: Syiffa

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.