Belajar Animasi Dasar With Adobe Flash

0
316

 

Assalamu’alaikum gaes!!

Gimana kabarnya? Udah pada libur kuliah belum? Yang belum sabar ya, hehe. Bagi yang udah, kegaiatan apasih yang kalian lakuin di liburan ini? Hayoo apa? Hah? Kagak ada? Serius loh mblo? Daripada enggak ada kegiatan, mending belajar buat animasi yuks? Bermanfaat lagi, ya walau hanya dasar saja dulu yang dapat saya beritahu yekan? Wkwkwk, bagi yang udah tahu, dan udah pernah buat yaudah di skip aja, wkwkwkw. Cari pelajaran lain dari web ini yang belum pernah dipelajari, kan nambah ilmu tuh yekan? Bener gak cok? Cocok klen rasa? Hahaha mantap!!

Yaudah, langsung aja nih gaes, sebelum belajar animasi adobe flash, pastinya kita harus punya software adobe flashnya dong, hahaha yekan? Iyalah! Masa mau masak nasi tapi beras kagak ada? Ya harus ada beras dulu lah baru bisa masak nasi yekan? Xixixix… maafkan ellysah  gaes! Maklumlah, maklum kenape? Hahaha yaudah lah gak penting! Ok! Udah deh ya basa-basinya. Kali ini aku mau buat animasi teks berjalan.

Okay, kalau udah ada softwarenya, kia buka deh software adobe flashnya, klik document flashnya, kayak gini nih tampilannya :

Habis itu, kita atur ukuran lembar kerjanya dengan kode ctrl+F3 pada keyboard, nah kayak gini nih :

Untuk menyembunyikan propertiesnya gunakan lagi klik ctrl+f3 pada keyboard. Lalu klik teks tool pada tool bar samping kiri, lalu ketik teks sesuai keinginan, dan buatlah teks kesebelah kanan, jangan terlalu jauh dari kotak objek, berikut contoh letak teks di bawah ini :

Lalu, klik create motion pada frame satu pada layer!

Pada frame 50 klik insert keyframe !

Lalu teks tersebut tarik ke kiri sampai melewati kotak tersebut, udah klen buat? Cobak kutengok dulu? Wkwkwk becanda! Gimana gua bisa liat lu lu pade yakan? Nah ini nih dia setelah ditarik ke kiri :

Nah selasai deh, coba klen buat klik ctrl+enter untuk memainkannya, klen coba dulu itu ya… nih muncul kayak gini nanti..

Kerenkan? Jalan” dia teksnya, hehehe. Untuk  menyimpan  file  banner  yang  telah  anda  buat,  klik  menu  File  –>Export  –>Export Movie

Kemudian klik ok! Jika ingin menyimpan dalam file flash langsung saja ketik pada keyboard klik ctrl+S

Ok finish!! Selamat mencoba teman-teman, kreasikan ide kelen gaes, buat yang lebih keren dari tutorial ini ya!! Jika ada kesalahan salah kata huruf saya selaku manusia yang tak luput dari dosa mohon maaf ya gaes! Terima kasih telah membaca artikel saya, di coba ya!! semoga bermanfaat…

Assalamu’laikuum…..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.