Sebelum Belajar Pemrograman, Belajar Algoritma Dulu Yuk!

0
366
algoritma
Apa itu algoritma?

Belakangan ini perkembangan teknologi didalam dunia berkembang dengan sangat pesat, mulai dari ditemukannya internet yang kemudian mengubah total cara manusia dalam mencari informasi dan bersosialisasi. Kemudian munculnya smartphone membuat hampir semua kalangan baik itu orang tua, anak muda, hingga anak kecil menggunakan perangkat smartphone.

Berkembangnya teknologi tersebut membuat banyak orang belajar tentang bahasa pemrograman. Tentu saja bagi seorang pemula untuk mulai belajar bahasa pemrograman harus terlebih dahulu paham dengan apa itu algoritma pemrograman.

tujuan belajar algoritma
Apa manfaat belajar algoritma?

Algoritma sendiri adalah jalan untuk menyelesaikan perhitungan atau langkah-langkah dalam penyelesaian masalah secara berurutan. Jadi kita dituntut untuk tahu langkah-langkah atau tahapan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan logis.

Banyak sekali manfaat dari kita belajar algoritma pemrograman, seperti membuat program yang kita buat menjadi lebih terstruktur, membuat kita jadi lebih gampang untuk membuat sebuah program dan juga dapat memperkuat cara berfikir kita dalam menyelesaikan suatu masalah secara logis.

Walaupun algoritma merupakan pondasi awal untuk kita belajar pemrograman, ternyata algroitma sendiri bukanlah hanya mengenai hal-hal berkaitan dengan pemrograman atau hitung menghitung, melainkan algoritma juga kita implementasikan kedalam kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari mandi, pergi kekampus, ataupun memasak nasi merupakan contoh algoritma didalam kehidupan sehari-hari.

Contoh algoritma mengganti bola lampu dirumah.

  1. Siapkan bola lampu baru yang nantinya akan dipasang dilangit rumah.
  2. Ambil tangga atau kursi agar kita dapat naik untuk mengganti bola lampu.
  3. Naik ke atas tangga atau kursi kemudian lepas bola lampu yang sudah rusak.
  4. Turunkan bola lampu yang rusak, kemudian ambil bola lampu yang baru.
  5. Naik ke atas tangga atau kursi kemudian pasang bola lampu yang baru.

Untuk membuat algoritma, kita dapat menggunakan dua cara yaitu menggunakan tulisan dan gambar. Algoritma yang dibuat dengan tulisan atau kata-kata bernama pseudocode. pseudocode kode yang mirip dengan bahasa pemrograman asli, sehingga dapat dengan tepat untuk diimplementasikan kedalam program.

Sementara algoritma yang dibuat dengan gambar adalah flowchart. flowchart adalah gambar persegi, kotak, lingkaran maupun garis yang membentuk alur tahapan-tahapan logika yang kita gunakan untuk membentuk program.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.