Apa Yang Kamu Fikirkan Tentang Laravel Framework ?

0
297

 

L A R A V E L

Adalah sebuah Framework Web PHP berbentuk open source yang gratis. Laravel Framework sendiri dibuat oleh Taylor Otwell yang bertujuan untuk memudahkan seorang Programmer dalam pengembangan Aplikasi Web yang sesuai dengan pola Arsitektur MVC (Model-View-Controller).

Pada bulan Maret 2015, Laravel dikenal sebagai salah satu Framework PHP yang paling popular, bersama dengan Sympony, Zend, CodeIgniter, Yii2 dan Framework lainnya.

Sejarah Laravel

Taylor Otwell menciptakan Laravel agar mempermudah Programmer memeberikan alternatif yang lebih mudah dan lebih maju dibanding CodeIgniter, yang tidak menyediakan fitur tertentu. Peluncuran beta pertama Laravel dibuat pada tanggal 9 Juni 2011, yang kemudian merilis  Laravel 1 kemudian pada bulan yang sama.

Laravel 1 memiliki dukungan built-in untuk Authentication,Localitation, Models, Views, Sessions, Routing dan mekanisme lainnya, namun tidak memiliki sebuah pendukung dalam pengendalian sistem MVC.

Laravel 2 dirilis pada bulan September 2011, yang memiliki perubahan dan perbaikan yang lebih baik. Fitur utama yang terbaru termasuk dukung untuk pengendalian, yang membuat Laravel 2 memiliki MVC –Compliant sepenuhnya. Sistem pendukung Built-In untuk Prinsip Inversi Kontrol (IOC), dan sistem templating yang disebut dengan Blade.

Laravel 3 dirilis pada bulan Februari 2012 dengan satu set fitur baru termasuk Command-Line (CLI) yang disebut dengan Artisan, Built-In sangat mendukung lebih banyak Sistem Manajemen Basis Data, Migrasi Database sebagian bentuk Control Versi untuk Layout Database.

Laravel 4, dengan kode yang bernama Illuminate, yang dirilis pada bulan Mei 2013. Yang dibuat dengan kerangka Laravel yang lengkap, memigrasikan tata letaknya menjadi satu paket yang terpisah yang didistribusikan melalui Composer, yang berfungsi sebagai manajer tingkat Aplikasi. Tata letak ini mempengaruhi dalam meningkatkan kemampuan jangka panjang Laravel 4, yang dipasangakn dengan jadwal rilis reguler resminya. Beberapa fitur baru lainnya yang di rilis di Laravel 4 yaitu, Penyarangan Database untuk populasi awal Database, yang mendukung antrian pesan, dukungan Built-In untuk mengirim berbagai jenis Email, dan dukungan untuk penghapusan data di Database yang tertunda yang disebut Soft Deletion.

Laravel 5 dirilis pada bulan Februari 2015 sebagai hasil dari perubahan Internal yang sekaligus pemberian nama pada rilis Laravel 4.3. Laravel 5 memilik fitur-fitur terbaru yaitu penjadwalan tugas yang dijalankan secara berkala yang dikenal dengan nama Scheduler, sebuah lapisan abstraksi yang disebut Flysystem yang memungkinkan penyimpanan jarak jauh dapat digunakan dengan cara yang sama seperti Sistem File Local, memiliki penanganan sebuah aset yang lebih baik melalui Elixir, dan disederhanakan Authentication External yang ditangan melalui Socialite Optional. Laravel 5 juga memperkenalkan struktur Direktori Internal baru untuk Aplikasi yang dikembangkan.

Laravel 5.1, yang diluncurkan pada bulan Juni 2015, merupakan rilis pertama Laravel untuk Sistem Pendukung Jangka Panjang (LTS), dengan perencanaan perbaikan Bug selama dua tahun dan Patch keamanan selama tiga tahun. Peluncuran LTS Laravel direncakan akan dirilis setiap duan tahun.

Laravel 5.3, dirilis pada tanggal 23 Agustus 2016. Di versi 5.3 memiliki tujuan untuk untuk meningkatkan kecepatan pengembangan dengan menambahkan perbaikan untuk tugas umum.

Laravel 5.4, dirilis pada tanggal 24 Januari 2017. Pada rilisikan kali ini memilik banyak fitur baru, seperti Laravel Dusk, Mix Laravel,Kompone n Blade dan Slots, Mardown Emails, Automatic Facades, Route Improvements, dan lainnya.

Laravel 5.5, dirilis pada tanggal 30 Agustus 2017.

Laravel 5.6, dirilis pada tanggal 7 Februari 2018.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.