Apa Sih Vector Itu???

0
419

Assalamu’alaikuuum Sobat PUCC….

Berhubung saya lagi suka-sukanya belajar vektor, jadi kali ini  saya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya ketahui tentang vector, ya walau sedikit semoga bermanfaat bagi sobat PUCC, eh gak hanya sobat PUCC tapi sobat-sobat yang lagi ngebaca blog PUCC tercinta, esseh tercinta, wkwkwk..

Oke mulai saja, Apa sih vector itu??

Vektor  merupakan gambar yang terbentuk dari sejumlah garis dan kurva. Kualitas gambarnya tetap baik meskipun diperbesar, karena gambar jenis vektor bukan terdiri dari titik. Contoh gambar ini adalah adalah teks, logo maupun gambar dapat dijadikan vector. Perangkat lunak yang sering digunakan untuk mengolah gambar jenis vektor ini adalah CorelDRAW, Freehand, dan Adobe Ilustrator. Monitor biasanya akan menampilkan gambar dalam bentuk pixel, maka semua gambar baik jenis vector maupun bitmap akan ditampilkan dalam bentuk pixel.  Mengandung unsur matematis seperti arah, ukuran sudut, ketebalan, warna, dan lain sebagainya. Vector walaupun di zoom atau dicetak ukuran berapa saja tidak akan pecah/blur (detail gambar pada pixelnya membesar) resolusinya, berbeda seperti bitmap.

Apa sih perbedaan Vector dengan yang lain? Sobat PUCC ada yang tau gak??

– Vector : Gambar tetap jelas ketika di perbesar sedangkan file bitmap gambarnya kurang jelas jika diperbesar.
– Vector tersusun dari garis dan kurva, path terdiri dari garis (line segment) dan beberapa titik (node) atau disebut dengan anchor point, sedangkan file bitmap terdiri atas titik (pixel), beragam warna, pixel tersebar dalam pola grid.
– Vector gradasi warna harus dianalisis dulu oleh para desainer grafis, nah kalau bitmap gradasi warna lebih luwes dan nyata(real).

– Vector Kualitas grafiknya tidak tergantung dari banyaknya pixel, untuk bitmap kualitas grafis tergantung dari banyaknya pixel.                                                                                          – Vector disusun oleh objek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis (cieelah gitu lah pokonya. sedangkan untuk bitmap selalu disusun oleh objek yang disebut pixel.                                                                                                                                    – Vector sifatnya resolution independent sedangkan bitmap bersifat dependent atau dipengaruhi resolusi.                                                                                                            – Nah ini yang saya suka hehe, file vector ukuran penyimpanan relatif kecil ketibang ukuran file bitmap yang besar.                                                                                                         – Untuk program vector yang digunakan adalah Coreldraw, Adobe ilustrator, Macromedia Freehand, sedangkan bitmap software yang digunakan adalah Adobe Photoshop , Corel Photopaint , MS. Paint. bagaimana?? sudah pahamkan perbedaan vector dan bitmap??.

berikut hasil karya saya yang tak seberapa ini 🙂 🙂

Contoh Vector dalam bentuk Photo (after)
before

Sekian dari saya Wassalamu’alaikuuumm..

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.