Apa sih jenis-jenis kemanan jaringan?simak artikel ini

1
56

 

Sebuah jaringan computer membutuhkan keamanan sehingga dapat menghindari kita dari hacker maupun cracker yang berusaha mengambil informasi penting dalam system komputer kita, maka dari ini dibutuhkan administrator yang handal dan juga teliti sebab hacker atau cracker akan berusaha mencari celah masuk jaringan jika kita tidak memperkuat keamanan jaringan kita

yuk simak dibawah ini apa saja sih jenis-jeni keamanan jaringan itu sendiri?

 

  1. Autentikasi adalah suatu proses yang dimana dibutuhkan akses validasi pengguna untuk dapat masuk di sebuah sistem dalam sebuah jaringan,sistem ini penting karena dengan mengizinkan hanya pengguna terotentikasi (atau proses) yang dapat mengakses sumber daya yang dilindungi, seperti sistem komputer, jaringan, database, situs web dan aplikasi atau layanan berbasis jaringan lainnya.

ada beberapa nih tahapan Autentikasi :

  1. Autentikasi untuk mengetahui lokasi user melalui data link layer dan network layer.

2. Autentikasi untuk mengetahui proses yang sedang berjalan yang terjadi pada session          dan presentation layer.

3. Autentikasi untuk mengenal user dan aplikasi yang digunakan (application layer).

2. Network Enskripsi adalah sebuah proses enkripsi data dan pesan yang dikirim atau dikomunikasikan pada jaringan komputer. teknik pengkodean data ini berguna untuk menjaga data atau file. Enkripsi diperlukan untuk menjaga kerahasiaan data, setidaknya memperlambat atau mempersulit para hacker atau cracker untuk menerjamah data dengan bahasa enkripsi yang dikomunikasikan pada jaringan komputer.

3.  Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah jaringan private yang menghubungkan beberapa komputer melalu jaringan publik. VPN mempunyai bany adalah keamanan dalam berkomunikasi atau dalam pertukaran data, jugak fungsi salah satunya adalah mencegah pihak lain untuk menyusup ke traffic (lalu lintas jaringan) yang tidak semestinya, sistem keamanan ini banyak digunakan untuk keperluan seperti akses data dari bank ke bank,atau informasi yang sangat penting, jika kamu seorang Staff IT yang bekerja di bank ataupun perusahaan yang menjaga informasi yang sangat penting kamu wajib menggunakan ini.
Kriteria apa saja sih yang harus dipenuhi VPN :

  1. User Authentication,VPN harus mampu mengidentifikasi identitas klien ,memantau aktivitas klien seperti Kapan, dimana ,dan berapa lama dia mengakses jaringan dan jenis akses resousce yang diaksesnya sehingga segala aktivitas klien dapat terpantau dengan baik dan terkontrol
  2.  Address Management, VPN harus bisa menyimpan dan mencantumkan lokasi si client sehingga informasi alamat klien dapat terjaga kerahasiannya.
  3.  Data Encryption, data yang melewati jaringan harus di enkripsi kan sehingga tidak dapat dibaca tanpa pengetahuan khusus oleh pihak pihak yang tidak berwenang .
  4.  Key Management, dan juga VPN harus mampu membuat dan memperbaharui encryption key client dan server
  5. Multiprotocol Support,dan juga harus mampu  mendukung berbagai macam protokol jaringan publik contohnya seperti IP dan IPX

4. DMZ(De-Militerized Zone), juga dikenal sebagai jaringan perimeter atau subnetwork yang telah disaring,DMZ adalah subnet fisik atau logis yang memisahkan jaringan area lokal internal (LAN) dari jaringan lain yang tidak terpercaya, biasanya internet. Server, sumber daya, dan layanan yang menghadap eksternal terletak di DMZ ini. Jadi, mereka dapat diakses dari internet, tetapi sisa LAN internal tetap tidak terjangkau. Ini memberikan lapisan keamanan tambahan ke LAN karena membatasi kemampuan hacker untuk secara langsung mengakses server dan data internal melalui internet jadi mereka hanya akan sampai pada host saja.

Oke sekian informasi seputar keamanan jaringan semoga dapat membantu kita dalam mengembangkan kemampuan dalam melindungi jaringan komputer kita:).

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.