Apa sih Bluino-ONE itu?

0
675

Tugas Projek pilih Arduino UNO atau Bluino-ONE ?

Hai guys kembali lagi bersama penulis yang kece dan ganteng ini :-).

Salam Manis buat kita semua, nah pada kali ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai mikrokontroler yang mungkin belum banyak teman kenal yaitu Bluino-one. ya pasti sobat semua banyak yang kurang mengetahui apa itu bluino-one namun jika mendengar kata Arduino teman pasti sudah sering dengar apa lagi buat teman” yg suka buat projek alat terkhusus anak elektronika maupun jurusan teknik informatika.

Bedanya Arduino dan Bluino-one sebenarnya nggak banyak sih cuman dari segi bentuk dan keunggulan masing-masinglah yang bisa kita pilih untuk membuat suatu projek alat yang akan buat nanti dan satu lagi ini yang mesti kita bangga dari Bluino-one yaitu aplikasi Bluino Loader  di kembangkan oleh Mansur Kamsur, seorang programmer asal bandung yang juga membangun sebuah prototype board yang diberi nama Bluino ONE.

Bluino merupakan embaded system berbasis Arduino uno yang telah ditambahkan modul bluetooth HC05 kedalamnya sehingga menjadikan Bluino one dapat diprogram secara wireless menggunakan Laptop (Arduino software) atau menggunakan Android (Bluino Loader).

Spesifikasi Hardware:

Bluino one memiliki bentuk dan susunan pin yang sama seperti arduino uno, sehingga banyak shield arduino yang dapat dipasangkan diatas Bluino one,  seperti shield motor, shield LCD, shield breadboard, shield 7 segment, shield relay dan banyak shield lainnya.

Socket micro USB berfungsi hanya sebagai line power 5V, tidak berfungsi sebagai line programming. Pemograman hanya dapat dilakukan melalui koneksi bluetooth. Led biru adalah indikator yang berkedip ketika Bluino one sedang diprogram atau ketika terhubung dengan perangkat bluetooth (Laptop/Android). Jumper SMD pada posisi defaultnya terhubung untuk mengaktifkan auto reset ketika mode programming.

Microcontroller Atmega328 (TQFP)
Communication Bluetooth HC-05
Operating Voltage 5V
Digital I/O Pin 12 (dengan 6 dapat berfungsi sebagai PWM output)
DC Current per I/O pin 40mA
Flash Memory 32KB (Atmega328) dimana 0.5KB digunakan oleh bootloader
SRAM 2KB (Atmega328)
EEPROM 1KB (Atmega328)
Clock Speed 16Mhz
Ukuran 72x54mm
Berat 50gr

Pemograman:

Banyak yang sudah mengetahui bagaimana cara memasukan sketch/code program ke dalam board arduino uno yaitu buatlah sketch pada aplikasi Arduino IDE dilaptop kemudian hubungkan arduino dengan laptop memakai kabel USB, dan klik upload.
Dengan Bluino one menjadi sangat mudah dan praktis ketika proses pemograman, cukup menghubungkan Bluino one dengan power 5V dimana saja, buatlah sketch/code program bisa dari laptop melalui aplikasi Arduino IDE ataupun dari Android melalui aplikasi Bluino Loader, dan klik upload, maka sketch/code program akan terkirim melalui bluetooth.
nah sudah tau kan apa itu Buino-one. tunggu apa lagi silahkan teman coba mikrokontroler yang satu ini untuk projek kamu. Demikian artikel saya mengenai Bluino-ONE.
Thanks….

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.