Apa itu Yii Framework ?

0
61

 

Apa itu Yii Framework ?

Mendengar kata Framework tentunya udah ga asing lagi di kepala kita, Framework adalah kerangka kerja untuk membuat project. Apa saja kelebihan dari menggunakan framework?

  1. Proses pengerjaan menjadi lebih cepat,
  2. Lebih secure, dan
  3. Tentunya lebih mudah untuk di maintenance.

Ada begitu banyak framework di dalam dunia pemrograman terkhusus di bahasa pemrograman PHP, contohnya yang lagi populer seperti Laravel dan Codeigniter. Berikut ini adalah penampakan framework PHP terpopuler di tahun 2020 berdasarkan aktifitas StackOverflow:

Sumber: https://cuspy.io/blog/top-php-frameworks-to-keep-an-eye-on-in-2020/

 

  • Laravel
  • Symfony
  • Zend
  • Yii/Yii2
  • CakePHP
  • Codeigniter

Laravel berhasil menduduki peringkat pertama sebagai framework PHP paling popular. Tetapi disini yang ingin kita bahas adalah framework PHP di urutan keempat yaitu Yii. Yii adalah framework PHP yang singkatan nya adalah “Yes It Is!”. Yii didirikan pada tahun 2006 oleh Qiang Xue, menggunakan MVC (Model, View, Controller) sebagai konsepnya seperti framework pada umumnya. Lalu, apa kelebihan si Yii dibanding dengan framework lainnya?

  1. Lebih mudah dan praktis. Banyak fungsi yang dapat kamu panggil pada framework ini. Sebut saja fungsi GII yang dapat membuat CRUD (Create Read Update Delete) dalam sekali generate!
  2. Kemanan yang terjamin. YII Framework telah dibekali dengan berbagai macam kemanan website, sebut saja tools untuk mencegah dan mengatasi XSS attacks, CSRF attacks, serta SQL injections. Ada pula fitur pendukung kemanan lainnya, seperti input validation standard & output filtering, dan fitur hash password untuk mengenkripsi dan mendekripsi password saat login.
  3. Caching yang mumpuni. Kelebihan lainnya dari YII ialah kemampuan untuk melakukan caching secara optimal. Pada YII, caching dilakukan untuk membuat website dinamis menjadi seolah website statis, sehingga kecepatan akses pada website akan lebih cepat.
  4. Cocok untuk projek dengan skala menengah keatas dan memiliki keterbatasan waktu pembuatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.