Apa itu SWITCH dan HUB?

0
1174
Hai Gaess ??
Sebelum membahas mengenai switch dan hub, ada baiknya jika terlebih dahulu kamu mengetahui mengenai pengertian dari hub dan switch. Kedua hal ini memang sama-sama berkaitan dengan alat jaringan komputer, di mana baik switch maupun hub bertindak sebagai central ataupun pusat untuk dilakukannya pembagian koneksi yang saling terhubung dengan port-port lainnya untuk memperoleh koneksi dengan komputer lainnya.

Pengertian SWITCH dan HUB

SWITCH
Switch adalah Sebuah perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa node dalam jaringan namun memiliki fungsi lain yaitu sebagai pencegah Collision dengan cara memberi jalur aliran data masing-masing sesuai Port / Collision Domain. Jadi, jika menggunakan Switch setiap Client dapat melakukan Komunikasi data tanpa adanya masalah Collision (Tabrakan) Dota ehh salah data maksudnya hehe…

HUB
Hub adalah bentuk sederhana dari Switch. Hub digunakan untuk jaringan sederhana.
Cara kerja Hub adalah menyalin paket data dari sumber yang terkoneksi pada suatu port dan mentransferkannya ke seluruh port yang tersambung pada Hub. Saat ini Hub sudah mulai ditinggalkan karena berbagai kelemahan seperti jangkauan , kecepatan transfer data, dan resiko loss data, yang membuat Switch lebih diminati.

 

Bentuk Fisik

Apabila dilihat secara fisik, bentuk switch dan juga hub hampir sama. Keduanya sama – sama memiliki bentuk balok, dengan beberapa port untuk memecah jaringan dan menerima sinyal paket data dari server. Jadi apabila dibandingkan, mungkin keduanya terlihat sama. Cekidot ? !!!

                       SWITCH                                                          HUB

 

 

 

 

  • Perbedaan Hub dan Switch yaitu pada Hub, hanya memiliki port 4 hingga 12 saja, namun pada Switch bisa memiliki lebih banyak port.
  • Bila jumlah port yang disediakan pada Hub semakin besar, maka proses transmisi yang terjadi akan semakin lambat. Namun pada Switch, jumlah port tidak mempengaruhi collision control karena terdapat collision control pada setiap port.

 

fungsi tambahan yang dimiliki keduanya

Apabila dilihat berdasarkan fungsi tambahan yang dimiliiki oleh keduanya, maka tentu saja hub dan juga switch memiliki fungsi tambahan yang berbeda. Berikut ini adalah perbedaannya :

HUB

  • Hub hanya mampu memecah jaringan saja, sehingga data dari server bisa diteruskan atau ditransmisikan kepada komputer client
  • Hub mampu untuk meningkatkan kualitas sinyal dari sebuah jaringan, namun fungsi ini hanya terdapat pada smart hub, bukan hub standar.

Switch

  • Switch, selain mampu memecah jaringan dan meningkatkan sinyal, juga mampu untuk melakukan pembatasan pada paket data yang akan ditransmisikan
  • Switch juga memiliki kemanan yang lebih baik apabila dibandingkan dengan hub

Apabila melihat dari fungsi tambahan yang dimiliki oleh kedua perangkat keras tesebut, maka bisa dipastikan switch memilki cara kerja yang lebih rumit dan juga kompleks apabila dibandingkan dengan hub.

 

Perbedaan cara kerja

Switch mampu memproses informasi pada Data Link, berupa MAC Address dari setiap komputer yang terhubung ke dalam jaringan tersebut, sedangkan hub hanya bisa bekerja dengan cara memecah jaringan, serta menerima dan meneruskan paket data saja.

 

Kecepatan transfer data

Karena switch menyeleksi terlebih dahulu mac address mana yang menjadi tujuan, maka hal ini membuatnya mengirimkan data lebih cepat. Tidak seperti hub yang mengirim sinyal secara menyebar/menyeluruh, tidak peduli perangkat mana yang menjadi tujuan data tersebut.

 

Pilih Hub atau Switch?

Fitur yang kompleks dan lebih banyak tidak selalu membuat switch menjadi pilihan utama dalam teknologi jaringan komputer, terutama jaringan LAN. Tidak semua jaringan wajib menggunakan switch, karena beberapa pertimbangan. Berikut ini adalah perbandingan pertimbangan penggunaan hub dan juga switch dalam sebuah jaringan :

HUB

  • Digunakan pada jaringan LAN yang simple
  • Untuk pengimplementasian jaringan yang ekonomis
  • Biasa digunakan pada jaringan di dalam sebuah rumah, atau bisa juga digunakan pada sebuah rental komputer / warnet
  • User atau client tidak membutuhkan pembatasan dalam tranmisi paket data di dalam jaringan

Switch

  • Digunakan pada jaringan LAN yang lebih luas, seperti perkantoran, kampus, dan juga sekolah
  • Cocok digunakan untuk mid hingga high budget network (implementasi jaringan yang memiliki biaya tinggi)
  • Cocok juga digunakan untuk jaringan yang membutuhkan keamanan yang tinggi.

 

Sekian dari saya dan jangan lupa ikutin terus berita terbaru dari PUCC kapan pun dan dimanapun anda berada terima kasih.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.