Apa itu OTG

0
326

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakhatuu

Saya yang bernama Nur Annisa dari devisi “KnowTech”

Di zaman sekarang ini dimana zaman yang sudah semakin canggih, khususnya dalam bidang komunikasi contohnya seperti smartphone, dan teknologi lainnya. Slain itu, ada juga beberapa aksesoris lainnya yang juga tengah majunya sebagai alat bantu yang dapat berfungsi sebagai tambahan di dunia teknologi.

Salah satu aksesoris berikut ialah kehadirannya kabel USB OTG untuk perangkat handphone tertentu

Jadi pada kesempatan ini saya akan membahas beberapa kategori mengenai pengertian kabel USB OTG, fungsi dari kabel USB OTG, kelebihan yang terdapat di kabel USB OTG serta kekurangan yang ada di kabel USB OTG.

Pengertian Kabel USB OTG

Dari USB OTG ini memiliki kepanjangan “Universal Serial Bus On The Go”. Kabel ini merupakan  media yang sangat penting sebagai media penghubung, dan berfungsi  melalukan seperti transfer data dari media penyimpanan flashdisk ke handphone atau sebaliknya.

Fungsi Kabel USB OTG

Fungsi utama yang sering diketahui banyak orang memang sebagai cara diatas berikut tadi, Namun ada beberapa lagi fungsi lainnya dari kabal USB OTG tadi, yuksss simak penjelsan berkikut ini :

  • Memberikan hak akses penambahan memori baik itu penyimpanan internal maupun penyimpanan eksternal pada handphone kita. Hal tersebut dapat dibuktikan ketika smartphone kita terhubung dengan flashdisk maka secara otomatis ruang yang kosong juga menjadi hak milik handphone kita.
  • Tidak selalu flashdisk saja, ada beberapa komponen lainnya yang biasa dihubungkan ke komputer seperti mouse, joystick, keyboard dan lainnya, dan perangkat tersebut bisa juga dihubungkan pada smartphone kita dengan bantuan usb otg tersebut.
  • Membaca data pada memori Kamera DSLR ataupun yang jenis lainnya kini juga bisa dilakukan pada handphone anda ketika kondisi mungkin lupa tidak membawa laptop.
  • Fungsi lainnya juga bisa kita gunakan untuk daya lampu darurat yang dimana biasa digunakan dalam usb laptop, dengan kabel usb otg kita bisa hubungkan lampu darurat tersebut ke handphone kita deh dengan bantuan kabel tersebut.
  • Dan masih banyak fungsi lainnya, intinya lubangnya harus sesuai dengan lubang perangkat yang ingin kita hubungkan ke kabel USB OTG.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel USB OTG

A. Berikut ini adalah kelebihannya sebagai brikut : 

  1. dapat dihubungkan ke komputer dan gadget.
  2. menarik dan dapat dibawa kemana-mana.
  3. mudah disimpan diasaku celana maupun baju.

B. Berikut ini adalah kekurangannya sebagai berikut :

1. Tidak semua smartphone dapat menggunakannya.
2. Komputer atau laptop tidak dapat membaca dengan baik.
3. Kadang membuat printer berhenti ditengah-tengah.

Akhir Kata :

Mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan kepada kalian semua, mengenai pengertian OTG, Fungsi , Lebih Dan Kurangnya USB OTG.

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakhatuu

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.