Apa itu Google Scholar???

0
459

Kenapa menggunakan Google scholar?

Google Scholar adalah salah satu channel dari google yang sangat amat membantu mahasiswa yang sedang menjalankan skripsi ataupun sedang membuat tesis. Google Scholar dibuat untuk mempermudah pengguna mencari atau menelusuri materi maupun referensi pendidikan dan penelitian ilmiah dengan format publikasi. Referensi ini dapat berupa jurnal ilmiah yang merupakan hasil-hasil penelitian/riset atau kajian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Google Scholar atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Google Cendekia memiliki fitur diantaranya :

  • Mencari beragam sumber dari satu tempat yang cocok.
  • Menemukan Artikel, Tesis, Buku, Karya Abstrak ataupun Pendapat Hukum.
  • Menempatkan Dokumen yang lengkap melalui Perpustakaan dan Web.
  • Belajar tentang kunci literatur ilmiah di setiap area penelitian.

jadi buat kamu yang ingin mencari sumber dari penelitian atau menyelesaikan kamu harus mencoba Google Scholar. apalagi buat mahasiswa dan pelajar, jangan disia siakan kalau sudah ada data yang jelas dan sudah pernah di teliti.

Sejarah Google Scholar

Scholar google diluncurkan pada tahun 2004. Berbeda dengan google search yang menelusuri hampir semua dokumen yang di upload di internet.Google scholar melayani pengguna untuk menelusur dokumen-dokumen pendidikan baik berupa artikel ilmiah, buku teks dan berbagai format dokumen lainnya seperti skripsi, tesis, disertasi, prosiding, abstrak dll. Hampir semua jurnal ilmiah yang online akan disajikan dalam situs ini. Dengan demikian kita bisa mengakses banyak jurnal ilmiah baik yang tidak diakreditasi maupun yang terakreditasi, baik yang lokal, nasional maupun internasional. Jadi, pengguna akan memperoleh banyak informasi dari berbagai dokumen dan sumber. Google scholar bertujuan untuk mempermudah seseorang  menyusun artikel ilmiah dengan memperhatikan kelengkapan teks setiap artikel, penulis, publikasi yang menampilkan artikel, dan frekuensi penggunaan kutipan artikel dalam literatur akademis lainnya. Hasil paling relevan akan selalu muncul pada halaman pertama.

Untuk lebih jelasnya kamu harus mencoba google scholar ini buat menyelesaikan tugas atau hanya mencari referensi judul skripsi atau tesis kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.