Apa itu Google Dork? Pengertian dan Cara Pengunaan

0
885
belajar tentang google dork
kumpulan google dork string

Apa itu GOOGLE DORK ?

Google Dork adalah mesin untuk mencari/search engines yang memudahkan kita untuk melakukan pencarian yang terindex di Google. Namun Google Dork ini lebih banyak di gunakan dalam hal negatif seperti halnya deface website , carding , mencari password dan hacking lainnya . Dalam pembahasan ini saya hanya menjelaskan bagaimana cara menggunakan google dork untuk keperluan pencarian kita .

apa sih google dork itu?

[-] inurl: seperti namanya, inurl berarti “di url” atau “dalam url” gunanya untuk mencari website yang di url-nya terdapat suatu string atau kata yang kita masukkan. Contoh: inurl:.facebook maka yang akan muncul adalah site-site yang di urlnya mengandung “.facebook” Sedangkan saudaranya inurl adalah “allinurl:”, maksudnya command tersebut digunakan untuk mencari keseluruhan nama domain website yang telah kita input/tentukan.

 

[-] intitle: seperti namanya, intitle berarti “di judul” atau “dalam judul” fungsinya untuk mencari site yang artikelnya memuat judul sesuai dengan yang kita inginkan.

Contohnya di sini saya bikin dork intitle:”netsec” hasilnya site yang judul postnya mengandung kata “netsec” muncul. Intitle juga punya saudara yaitu “allintext:” namun command tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap hasil pencarian.

 

[-] intext:  kalau yang satu ini sifatnya lebih universal(umum) perintah ini sendiri artinya “di teks” atau “dalam teks” .

Jadi, jika misalnya kita memasukkan dork intext:”taylor swift” di kotak pencarian google maka yang muncul adalah site yang mengandung kata “taylor swift” entah itu di url, judul, dll. Tapi menurut saya ini tidak jauh beda dengan melakukan pencarian tanpa dork intext .

 

[-] filetype: berarti “tipe file” biasanya perintah ini buat donlot/nyari file dengan lebih spesifik sesuai kebutuhan kita seperti kalau kita sedang mencari lagu/ebook dan disini saya ambil contoh intext:”pasal” filetype:pdf maka hasil yang keluar adalah sekumpulan file pdf siap download dan karena saya kasih intext:”pasal” maka munculnya yang mengandung kata-kata/bertopik tentang “pasal”.

 

[-] site: kalau yang ini berfungsi untuk mencari (Country domain) site yang kita tentukan, perintah ini juga sering digunakan sama hekel untuk nentuin site negara mana yang ingin dibobol dengan memasukan domain negaranya.

Baca juga:
Hacker ? Siapa Mereka ?

Misalnya anda ingin belanja online di webshop amerika maka dork yang harus anda buat kurang lebih seperti ini intext:”shop” site:.us maka yang tampil akan seperti ini.

dork site (country domain) ini ada di setiap negara seperti inggris adalah uk , kanada adalah ca. Dan tidak hanya perintah intext saja , namun bisa di ganti dengan inurl contohnya , inurl:asus site:.id maka yang muncul akan seperti ini

 

Disini saya kasih satu contoh penggabungan/pengembangan dork, langkah pertama adalah IMAJINASI  seperti, mencari netcut di blog.pucc 

 

contoh dork diatas (saat dimasukkan ke kotak pencari Google) seolah-olah anda berbicara dengan Google kurang lebih seperti ini: “ gugel .. cariin site yang urlnya ada kata blog.pucc terus di situ ada tulisan netcutnya”.

Nah seperti itulah gambaran sederhananya , jika anda mencari di Google “Cara mengembangkan dork” untuk melakukan suatu hacking , maka yang anda dapatkan adalah dork bekas dan sudah tidak fresh .

Maka dari itu buatlah dork sendiri, kunci mengembangkan dork hanyalah IMAJINASI dan penggabungan antar dork. Maka anda harus imajinasikan dulu mau bicara apa dengan google, lalu di jadikan dork.

Sebenernya dork fungsinya gak hanya untuk kejahatan tapi juga bisa sangat bermanfaat untuk hal positif.

 

Wassalam . Peace be with you

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.