Apa Itu Deep WEB ? Dan Bagaiamana Cara Masuk Kedalam Deep WEB atau Dark WEB

0
2336

Malam Sahabat PUCC Pada kesempata kali ini saya akan menerangkan sedikit tentang apa itu Deep WEB dan bagaimana cara agar bisa masuk kedalamnya

Deep Web adalah kumpulan konten World Wide Web yang tidak terindex oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll.
Seperti namanya “Bagian Terdalam Internet” tidak terlihat dipermukaan. Meskipun tidak terlihat, konten Deep Web tetap dapat diakses dengan menggunakan tool khusus seperti TOR Browser.

Menurut hasil riset jumlah konten situs yang digolongkan sebagai Deep Web sangatlah banyak. Hampir 96% dari keseluruhan Internet. Artinya situs yang biasa kita akses seperti Facebook, YouTube, Google dll itu hanya 4% nya saja.
Menurut hasil riset pula sebagian besar konten DeepWeb berisi tentang database dari hasil penelitian.

Situs lokal Intranet juga termasuk dalam jaringan Deep Web, contohnya server kampus, kantor dan aplikasi online yang hanya bisa diakses sama orang kantoran juga termasuk. Aplikasi private message juga termasuk lhoo, karena semua chattingan kita nggak bisa ke Indeks di mesin pencari.

Pertanyaannya Apakah Sama Deep WEB Dan Dark WEB ?

Jawabannya Sama Tapi Berbeda dan Berbeda Tapi Sama, Dark Web sendiri bagian dari Deep Web, cuma konten didalamnya mayoritas negatif semua. Di dalam Deep Web memang ada beberapa situs pornografi, jual beli narkoba, jual beli senpi, situs kekerasan, peretasan. Hampir semuanya dari situs Deep Web yang kita kenal berdomain dot onion.

Namun sebenarnya situs berdomain dot onion tersebut bukan Deep Web secara keseluruhan.
Dot Onion cuma sebagian kecil dari Deep Web yang bisa kita sebut Dark Web atau sisi gelapnya internet.

Situs berdomain Onion terhubung ke internet melalui jaringan TOR atau Jaringan Bawang. Untuk mengaksesnya memerlukan tool khusus sehingga bisa digolongkan sebagai Deep Web. Jangan kaget, Jumlahnya hanya 0,3 % dari total keseluruhan web. Sangat sangat kecil.

Uniknya ramai ramai digambarkan bahwa seluruhnya dari Deep Web itu tadi bisa dijumpai dalam situs berdomain onion.
Penggambaran tentang jumlah .onion yang salah kaprah tersebut turut serta membuat nama Deep Web begitu melegenda. Seolah olah Internet yang sebenarnya adalah Deep Web karena jumlahnya yang sangat besar. Sampai sampai banyak dari mereka yang rasa ingin tahu nya tinggi ingin mencoba memasuki Deep Web ini (yang sebenarnya adalah Dark Web) Padahal. Deep WEB dan Dark WEB itu adalah 2 hal yang berbeda
Dark Web adalah kumpulan web dalam yang merupakan bagian kecil dari Deep Web. Untuk mengaksesnya kita memerlukan tool dan jalur khusus. Sebut saja salah satunya TOR Browser.

Bagaimana Cara Masuk Kedalam Deep WEB(Dark WEB) ?

Cara mengakses Deep Web (Dark Web) tersebut salah satunya adalah dengan menggunakan TOR Browser yang bisa di download di TorProject.

Ketika menggunakan Tor Browser kita bisa membuat identitas sendiri dengan membuat virtual IP Address sehingga IP sebenarnya tetap dirahasiakan.

Jika merasa belum aman kita juga bisa membuat tor browser terkoneksi ke proxy / vpn kita terlebih dahulu. Dengan demikian tidak hanya IP Address kita yang di sembunyikan namun juga fakta bahwa kita yang sedang memakai jaringan TOR.

Beberapa tips ini akan membuat kita aman ketika memasuki dark web :

-> Jangan mendaftarkan email, username dan password kita jika informasi tersebut sama dengan yang kita gunakan pada akun akun berharga kita. Buatlah email khusus jika perlu.

-> Jangan mengaktifkan atau mendownload plugin pada tor Browser. Defaultnya tor browser mengaktifkan fitur noscript yang akan menonaktifkan semua plugin yang dapat menjalankan script, misalnya javascript. Tujuannya adalah agar browser anda tidak tereksploitasi program jahat seperti BeEF (browser anda akan dikuasai jika suatu situs menjalankan BeEFing, syaratnya hanya jika browser anda menjalankan satu script saja.. Efeknya ? Pencurian cookies dan sebagainya). Anda bisa saja mengaktifkan plugin dan dalam bahaya, tapi ketika anda sudah mengerti untuk tidak mengaktifkannya maka anda AMAN.

-> Jangan mendownlod konten di dalam Deep Web dan langsung mengeksekusinya ketika masih online. Tidak ada jaminan file yang akan anda ambil itu aman dari virus. Browser Tor hanya mengamankan identitas anda saja. Beberapa file mungkin adalah trojan. Anda melihatnya dengan format jpg, png dan sebagainya namun ketika di eksekusi malah seperti exe. Maka jika menemui yang seperti itu jangan lanjutkan penginstallan. Backdoor selalu disisipkan kedalam program yang harus anda install atau jalankan.

-> Jangan mendownload melalui torrent di deepweb. Mengapa ? Ketika kita mendownload menggunakan torrent, komputer kita akan terhubung langsung dengan komputer dimana filenya berasal sehingga percuma saja anda menggunakan jaringan bawang Ketika anda mengikuti saran diatas, tidak perlu lagi berlebihan seperti Menutup Kamera Laptop Anda segala saat memasuki Dark Web. Untuk mengakses laptop anda Hacker memerlukan setidaknya IP Address. Sedangkan IP anda sudah disembunyikan oleh TOR. Atau….. hacker harus menunggu kewaspadaan anda hilang dan menginstall backdoor. Berapa waktu dan tenaga yang terbuang untuk melihat wajah kita yang tidak begitu penting? Keamanan kita sudah berlapis lapis.

-> Mengerti exitnode jaringan bawang. Pada komputer (relawan) paling akhir di JARINGAN TOR data kita tidak di enkripsi. Disini si exitnode bisa saja menjalankan man in the middle attack (meskipun paling paling hanya segelintir dari ribuan). Intinya data anda tidak aman jika koneksi yang dilewati tidak menggunakan https. Jadi saran saya, hanya gunakan TOR Browser ketika ingin mengakses dark web saja. Untuk internetan biasa jika bukan jalur aman (https) jangan menggunakan TOR Browser.

Pertanyaan lain Apakah Untuk Masuk Kedalam Deep WEB(Dark WEB) Hanya Bisa Dilakukan Dengan PC Saja ?? Dan Jawabannya Tentu Saja Tidak, Untuk Masuk Kedalam Deep WEB Dapat Dilakukan Dengan Perangkat Mobile/Smartphone Kita dengan Aplikasi Tertentu Dan Untuk tutorialnya akan saya post pada kesempatan berikutnya.
Sekian dari saya semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.