Android Studio untuk Pemula

Assallamu’allaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh …..

Pemrograman Android adalah salah satu materi yang di cari saat ini. Buku buku android pun laris di beli oleh para calon programer atau mahasiswa dan mahasiswi di jurusan Teknik Informatika ataupun jurusan yang berkaitan dengan komputer. Bagaimana belajar Android untuk pemula?  Disini saya akan menjelaskan dulu apa yang dimaksud dengan Android.  Android merupakan sistem operasi berupa perangkat lunak yang tidak berwujud, ia berupa deretan kode program berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler seperti yang banyak kita temukan sekarang ini.

Bahasa Pemrograman yang digunakan

Bahasa pemrograman yang sering digunakan didalam membuat aplikasi android antara lain bahasa java namun tidak semua aplikasi android proses pembuatanya menggunakan bahasa java. Kenapa menggunakan bahasa java ? karena Java sendiri sangat erat hubungannya dengan sistem operasi android, karena sejak awal rilisnya java merupakan bahasa utama untuk mengembangkan aplikasi pada sistem operasi ini

Syarat untuk menginstall Android Studio

Download Android Studio dari website resmi Android dan Anda tidak hanya mendapat Android Studio tetapi juga Android SDK. Tetapi untuk menjalankan Android Studio Anda juga perlu mendownload Java Development Kit yang bisa Anda download di website resminya. Perlu diperhatikan juga bahwa Android Studio dan SDK berukuran cukup besar jadi pastikan Anda memiliki ruang yang cukup di Laptop atau Desktop Anda.

Berikut ini adalah syarat instalasi untuk berbagai sistem operasi :

 

Windows OS

  1. Microsoft Windows 7/8/10
  2. Minimum RAM 2GB, direkomendasikan Anda menggunakan RAM 8GB
  3. Minimum space disk tersedia 2GB, tetapi Anda direkomendasikan menyediakan 4GB (500MB untuk IDE, 1,5GB untuk Android SDK, dan emulator sistem gambar)
  4. Resolusi minimum 1280×800
  5. Java Development Kit 8

MAC OS

  1. MAC OS X 10.8.5 atau lebih – sampai dengan 10.11.4 (El Capitan)
  2. Minimum RAM 2GB, direkomendasikan Anda menggunakan RAM 8GB
  3. Minimum space disk tersedia 2GB, tetapi Anda direkomendasikan menyediakan 4GB (500MB untuk IDE, 1,5GB untuk Android SDK, dan emulator sistem gambar)
  4. Resolusi minimum 1280×800
  5. Java Development Kit 6

 

LINUX OS

  1. Desktop GNOME atau KDE
  2. 64-bit distribution yang bisa menjalankan aplikasi 32-bit
  3. GNU C Library (glibc) 2.11 atau versi selanjutnya
  4. Minimum RAM 2GB, direkomendasikan Anda menggunakan RAM 8GB
  5. Minimum space disk tersedia 2GB, tetapi Anda direkomendasikan menyediakan 4GB (500MB untuk IDE, 1,5GB untuk Android SDK, dan emulator sistem gambar)
  6. Resolusi minimum 1280×800
  7. Java Development Kit 8

Setelah Anda mendownload versi Android Studio yang sesuai dengan sistem Anda, Anda tinggal melakukan instalasi.

Install Android Studio

Sebelum Anda menginstall Android Studio, Anda harus menginstal Java Development Kit-nya terlebih dahulu. Anda tinggal membuka installer Java Development Kit yang sudah anda download sebelumnya, kemudian ikuti langkah yang mereka tunjukkan. Kalau sudah, Anda dapat bisa menginstall Android Studio di Laptop atau Desktop anda masing-masing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.