Buset!! Alat Ini Memiliki Fungsi Yang Sangat Canggih!! Lihat Fungsi Alat Ini, Dijamin Membuat “Terkesan”!

0
520

Assalamualaikum Wr. Wb.

Ada banyak jajaran dari jenis keyboard yang hadir di luar sana, dimana sebagian besar disisi oleh keyboard standar (membran), dan sebagian juga hadir melalui keyboard mekanis atau Mechanical Keyboard .Nah, jika anda penasaran mengenai perbedaan keyboard mekanis dan keyboard normal pada umumnya, maka disini kami akan membahas secara sederhana mengenai perbedaan kedua hal tersebut secara umum.

Mechanical keyboard atau keyboard mekanikal adalah keyboard yang diciptakan dengan kualitas tinggi dengan menggunakan teknologi spring activated dalam switch keyboard. Switch ini ada beberapa macam jenis dan memiliki karakteristik masing-masing.Mechanical keyboard lebih unggul dalam segala hal. Switch, framing, functionality, type print methods, key construction, PCB board, LED lightning (sharpness, brightness, adjustability), dan fitur-fitur lainnya. Mechanical keyboard itu jauh lebih baik bila dibandingkan dengan rubber dome keyboard atau keyboard biasadengan harga murah yang sering kita jumpai dimana-mana. Dari hal-hal unggul tersebut, semuanya berpusat pada satu hal penting yakni “feel”. Mechanical keyboard memiliki “feel” yang lebih baik dibandingkan dengan rubber dome keyboard.

Berikut adalah penjelesan lebih detail mengenai switch Cherry MX yang umum di pasaran.

Cherry MX Blue Switches

Gaya yang diperlukan untuk menekan tombol: 50g
Feeling yang diberikan: Tactile, dan clicky (seperti menekan bolpen, saat ujung pulpennya keluar, ada suara click yang diberikan kan? Seperti itu juga feelnya)
Suara: cukup keras, high pitched sound
Keuntungan: Kita tahu kapan tombol yang kita tekan sudah benar-benar ter-register, suara yang diberikan (beberapa orang senang dengan bunyinya), dan rasa clickynya
Kerugian: Suara yang diberikan (beberapa orang tidak tahan dengan bunyinya).

Cherry MX Black Switches

Gaya yang diperlukan untuk menekan tombol: 60g
Feeling yang diberikan: Linear, non-tactile, non-clicky (seperti sewaktu kita menekan bolpen, sebelum ujung bolpennya keluar, ada per yang menahan tekanan kita kan? Seperti itu juga feelnya)
Suara: non-existent kecuali suara per dan suara ketika bottoming out
Keuntungan: Berat (meminimalisir, sangat, kecelakaan tombol yang terpencet secara ga sengaja), tidak berisik, feel yang unik
Kerugian: Berat (beberapa orang tidak betah mengetik menggunakan black switch)

Cherry MX Brown Switches

Gaya yang diperlukan untuk menekan tombol: 45g
Feeling yang diberikan: Tactile, non-clicky
Suara: hampir tidak terdengar kecuali pemilik telinga sensitif, hanya bersuara ketika bottoming-out
Keuntungan: Ringan (beberapa orang senang dengan tombol yang ringan), tidak berisik
Kerugian: Ringan (bagi yang memiliki jari super berat, bisa ada tombol yang terpencet secara tidak sengaja – very rare case), dan membosankan, karena tidak ada feel (terutama yg suka bunyi2an) apa pun yang diberikan.

Cherry MX Red Switches

Gaya yang diperlukan untuk menekan tombol: 45g
Feeling yang diberikan: non-tactile, non-clicky
Suara: tidak terdengar kecuali pemilik telinga sensitif, hanya bersuara ketika bottoming-out
Keuntungan: Ringan (beberapa orang senang dengan tombol yang ringan), tidak berisik
Kerugian: Ringan (bagi yang memiliki jari super berat, bisa jadi tombol  tertekan secara tidak sengaja – very rare case), dan membosankan, karena tidak ada feel
(terutama yang suka bunyi-bunyian) apa pun yang diberikan.

Sebenarnya masih banyak lagi brand-brand diluar sana yang switch nya hampir mirip, seperti  Gateron Switch, KBT Switch, KAILH Switch, dan masih banyak lagi.

Terima kasih telah membaca arkitel ini, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.