7 Langkah Rahasia Media Sosial dan SEO Off Page

0
333

Efek social media untuk SEO masih di perdebatkandanbelumberakhirhinggaartikelini di buat.

Ada yang bilangberpengaruh, ada yang bilanghanya media social google+ dan bahkan sebagian lainnya mengatakan tidakberpengaruhsamasekali.

Jadi, Seberapa pentingkah media social bagi SEO dan website kita?

Sangatberperanpenting, walau media social tidakadahubungannyasecaralangsungdengan SEO, tetapi media social adalahcara yang tepatuntukmengenalkan website kitadengan orang banyak, facebook, twitter, Instagram dan media lainnya.

Seperti yang telahkitabahassebelumnya, selainmemiliki content yang memilikikualitas, kita juga harusmemperlihatkan content tersebutke orang lain, Makakitamembutuhkan media social sebagaiwadahuntukmelakukanhalini.

Padasaat orang melihatkonten yang kitabagikanpada social media, danmerekatertarik, haliniakanmemicumerekauntukmelike, share maupun comment, denganmenggunakan headline dan copywriting yang baikberpotensimembuatpostingan website yang kita share menjadi viral di social media dan di lihatoleh audience yang lebihbanyak.

Hal-hal yang berpengaruhterhadapperingkat SEO Off Page

Google menentukandenganmenggunakanberbagaifaktoruntukmenemtukanpopularitassuatu website, kitatelahmempelajaribahwa backlink adalah point utamapada off page SEO, tetapitidaksemua backlink memberikandampak yang positifbagi website.

Faktor-faktor yang mempengaruhiperingkat di luardariwebsite(Off Page):

  1. Kualitas backlink yang kita miliki

Backlink yang memilikikualitasmemberikanpengaruh yang lebihbesardaripada backlink yang kurangberkualitas. Lalufaktorapa yang menentukankualitas backlink?

  • Reputasi dan populari tassuatuwebsite
  • Keaktifan padasuatuwebsite
  • Memilikitopik yang sama
  • Penempatan backlink di dalamsuatu website(contextual link)
  • Backlink Dofollow maupun Nofollow
  • Bahasa yang di Gunakan
  • Umur backlink yang di berikan

Ini karena Google membaca apa isi teks yang mengelilingi link tersebut dan memutuskan dalam konteks apa link tersebut dipasang. Akibatnya, website kita akan mendapatkan poin untuk keyword tersebut.

2. Anchor text dalam backlink

Anchor text yang digunakan dalam link dibaca oleh mesin pencari sebagai kata kunci. Website kita mendapatkan poin ekstra dalam teks yang digunakan sebagai anchor.

Namun demikian, penggunaan anchor yang sama berulang-ulang tidak akan memberikan dampak positif lagi.

Perlu kita ketahui apabila dalam 1 halaman terdapat 2 link menuju website kita dan keduanya memiliki anchor yang berbeda, maka Google menggunakan anchor pertama.

3. Jumlah backlink

Semakin banyak backlink yang kita dapatkan, semakin baik.

Tapi tidak hanya itu.

Kuantitas harus sejalan dengan kualitas. Kalau kita hanya mendapatkan backlink dari website yang tidak memiliki reputasi, ini tidak terhitung sebagai faktor positif.

4. Keragaman backlink

Ada beberapa jenis backlink, salah satunya yang disebutkan tadi yaitu contextual link. Selain itu masih ada lagi seperti blog comment, profile, bio, widget, advertorial, directory, dsb.

Terlalu banyak menggunakan satu jenis backlink tidak akan memberikan efek yang optimal.

Secara logika, kalau kita mendapatkan backlink secara alami maka jenis backlink akan beragam. Inilah mengapa mesin pencari menggunakan keragaman sebagai faktor.

5. Reputasi sosial

Google bisa memahami sentimen dalam setiap komentar. Artinya setiap kali website kita muncul kemudian muncul komentar negatif dari orang lain, akan berdampak buruk.

Demikian pula sebaliknya dengan sentimen positif yang berdampak positif.

6. Aktivitas sosial

Website yang aktif dalam website sosial seperti sosial media dan jejaring sosial berarti populer.

Aktivitas sosial suatu website dapat dilihat salah satunya dengan alat ukur berupa jumlah share ke jejaring sosial. Tapi ingat lagi dengan sentimen positif dan negatif.

7. Faktor personal pengguna

Sejak Google menerapkan personalized search, hasil pencarian dalam keyword yang sama bisa berbeda untuk masing-masing akun Google.

Ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti:

  • Pernah-tidaknya pengguna mengunjungi suatu website
  • Tingkat kepuasan pengguna terhadap suatu website
  • Negara dan bahasa
  • Apakah suatu website pernah di-share oleh temannya

Perlu kita ketahui bahwa mesin pencari tidak pernah mengeluarkan daftar resmi faktor yang berpengaruh terhadap peringkat, karena itu faktor-faktor di atas didapatkan secara empiris.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.