6 Teknik Hacking Yang Harus Kamu Ketahui !!!

0
323

 

Dengan semakin berkembangnya  teknologi, keamanan jaringan ternyata tidak bisa menjamin sepenuhnya untuk melindungi suatu sistem sistem dari serangan hacker. Berbagai macam cara akan dilakukan hacker untuk dapat mengganggu sistem anda, seperti dengan cara membanjiri trafik pada jaringan sehingga dapat menghabiskan resource pada server anda dan server anda tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Disini kami akan menjelaskan 6 teknik hacking yang di gunakan hacker untuk menyerang sebuah jaringan atau sistem, sebagai berikut:

  1. SQL Injection

SQLI adalah sebuah teknik hacking yang memanfaatkan celah keamanan dimana website mengijinkan user untuk menginput data tetapi tanpa adanya filter terhadap malicious character sehingga attacker bisa mendapatkan akses kedalam basis data sebuah aplikasi. Inputan yang dimasukkan  tersebut biasanya dimasukan kedalam bagian-bagian tertentu pada sebuah website yang berhubungan dengan database dari situs tersebut. Dan biasanya hacker memasukan data link yang mengarahkan korban menuju website yang digunakan hacker untuk mengambil informasi/data pribadi dari korban.

  1. DDoS (Distributed Denial of Service)

DOS (Denial of Service)
Merupakan jenis metode serangan terhadap server pada suatu jaringan yang mengakibatkan habisnya resource yang dimiliki server sampai server tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya untuk memberikan akses layananya dan menyerang satu server sehingga dapat mengakibatkan server tidak dapat berfungsi bagi user lainnya. Ada beberapa cara yang umum dilakukan oleh hacker yaitu :

  • Membanjiri trafik server dengan banyak data sehingga data dari host yang terdaftar tidak dapat masuk kedalam sistem
  • Dengan cara membanjiri trafik dengan banyaknya request dari hacker terhadap server sehingga request dari host yang terdaftar tidak dapat dilayani oleh server.
  • Mengganggu komunikasi antara server dengan host yang terdaftar dengan cara mengubah informasi konfigurasi pada sistem.
  1. Spoofing

Sebuah Teknik serangan yang sering dilakukan hacker dengan cara memanipulasikan data sehingga hacker dapat terlihat seperti host yang dapat dipercaya. Terdapat 3 jenis spoofing yaitu:

  • IP spoofingadalah teknik yang digunakan dengan cara memalsukan sumber IP address sehingga ip address aslinya tidak dapat dilacak ketika pengiriman paket dilakukan.
  • DNS Spoofingadalah teknik yang digunakan untuk mengambil alih DNS(Domain Name Server) server sehingga DNS dan IP address sebuah situs akan dialihkan ke server hacker.
  • Identity Spoofingadalah sebuah teknik penyusupan menggunakan identitas secara resmi untuk mengakses segala sesuatu dalam jaringan secara ilegal.
  1. Trojan Horse

Trojan Horse merupakan salah satu jenis malware yang dapat merusak sebuah sistem yang dibuat oleh hacker . fungsi dari Trojan ini adalah digunakan untuk memperoleh suatu informasi dari target seperti password, system log dan dapat juga memperoleh hak akses dari target malware tersebut. Trojan merupakan software yang berbeda dengan virus karena trojan ini lebih bersifat sembunyi dan seolah-olah seperti program biasa yang tidak mencurigakan ketika beroprasi dan trojan juga bisa dikendalikan dari komputer si penyerang (hacker). ada beberapa jenis trojan dan yang paling umum digunakan  3 diantaranya yaitu:

  • Pencuri Password-> jenis dari trojan ini digunakan untuk mencuri password yang telah disimpan didalam sistem dengan cara memanipulasi tampilan seolah-olah tampilan login setelah itu tinggal menunggu host memasukan passwordnya ketika login kemudian password yang telah di imputkan tersebut akan dikirimkan ke hacker.
  • Keylogger->ini adalah  Jenis Trojan yang paling umum digunakan cara kerjanya dengan merekam semua aktivitas ketikan yang di lakukan oleh pengguna setelah berhasil direkam akan langsung di kirimkan ke hacker.
  • RAT (Remote Administration Tools)-> Jenis trojan ini termasuk sangat berbahaya karena mampu mengambil alih seluruh kontrol secara penuh terhadap sistem dan attacker dapat merubah sistem dari jarak jauh seperti mengedit dan menghapus data yang ada didalam sistem.
  1. DNS Poisoning

DNS Poisoning adalah sebuah teknik serangan dengan memberikan informasi IP address yang palsu untuk mengalihkan trafik paket data dari tujuan yang sebenarnya. biasanya cara ini dipakai hacker untuk menyerang situs-situs ecommerce dan banking teknik ini juga mirip dengan phising. hacker juga dapat membuat server palsu yang memiliki tampilan yang sama dengan situs asli. oleh karena itu cara membedakannya diperlukan adanya digital certificate untuk memastikan agar server palsu tersebut dapat dibedakan dengan server aslinya.

  1. Packet Sniffing

Paket Sniffing adalah teknik pencurian data dengan cara memonitoring dan menganalisis setiap paket data yang diantarkan dari client menuju server. biasanya hacker yang  melakukan serangan ini menggunakan tools semacam wireshark dan netcut untuk mencuri password dan pengambilan data-data penting lainya dari korban. Berikut ini merupakan tahap-tahap cara kerja paket sniffing.

  • Collecting-> adalah merubah interface yang digunakan menjadi promicius code dan kemudian mengelompokan paket data yang lewat melalui jaringan yang berbentuk raw binary.
  • Conversion-> mengubah seluruh data binary kedalam data yang mudah dibaca atau dipahami.
  • Analysis-> setelah itu data dikelompokkan kedalam blok protokol sesuai dengan sumber data tersebut.
  • Pencurian Data-> Setelah data dikelompokkan, kemudian hacker dapat mencuri data dari korbannya.

Itulah 6 teknik hacking yang umum digunakan oleh hacker untuk merusak suatu jaringan atau sistem yang dapat merugikan korbannya jadi berhati hati dalam beseluncur internet dan pastikan jangan komputer kalian aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.